Indonesia sebagai Tamu Kehormatan Festival Janadriyah


RIYADH - Festival Janadriyah adalah festival budaya dan warisan tahunan terbesar di Timur Tengah. Festival Janadriyah tahun ini adalah yang ke-33. Festival dibuka Raja Salman Bin Abdulaziz pada Kamis malam waktu Arab Saudi.
Pada tahun ini untuk pertama kalinya Indonesia menjadi menjadi tamu kehormatan di Festival Janadriyah tersebut.
Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Didik Suhardi mengatakan dalam rangka sebagai tamu kehormatan Festival Janadriyah ke-33, Indonesia akan menampilkan beragam acara kesenian sejak pembukaan pada Kamis (20/12) hingga akhir festival pada 9 Januari 2019.
"Mulai dari tari tradisional, seni lukis, seni membatik, kaligrafi hingga seni kriya yang kita harapkan bisa menarik bagi para penonton Festival Janadriyah," katanya.
"Kita tunjukkan kepada negara-negara Arab bahwa walaupun kita berbeda-beda, tetapi kita tetap satu," kata Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani di Riyadh, Arab Saudi, Jumat.



Puan mengatakan Indonesia memiliki 714 suku bangsa dan 17 ribu pulau dari Sabang sampai Merauke. Indonesia juga memiliki ribuan bahasa daerah, tetapi tetap bersatu dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
Puan berharap partisipasi Indonesia sebagai tamu kehormatan Festival Janadriyah bisa meningkatkan hubungan erat dengan Arab Saudi, khususnya di bidang kebudayaan.

Sumber:

https://m.antaranews.com/berita/780054/indonesia-ingin-tunjukkan-persatuan-kepada-negara-arab
Lebih baru Lebih lama