Jangan Mudah Tertipu Hoax

Jakarta - Baru-baru ini beredar pesan berantai soal ulat pohon mangga yang diklaim dapat menyebabkan kematian, empat jam setelah digigit. Pesan tersebut disertai video yang menunjukkan sosok ulat berwarna hijau tersebut terkamuflase di daun pohon mangga.

Menurut keterangan pakar yang kompeten, informasi tentang ulat pohon mangga dengan racun mematikan yang viral lewat pesan berantai adalah hoax.

Dr Purnama Hidayat, dosen di Departemen Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB) dan mantan Ketua Perhimpunan Entomologi Indonesia, mengatakan bahwa hoax tersebut sudah pernah beredar lalu hilang dan kini kembali beredar. Faktanya, ulat berwarna hijau yang memiliki nama ilmiah Euthalia aconthe tersebut sama sekali tidak berbahaya, apalagi menyebabkan kematian.

Kalau menerima broadcast kalau belum tentu kebenarannya daripada bikin orang gugup, ya sebaiknya stop penyebarannya atau langsung nanya ke ahli. Ulat ini tidak akan menimbulkan masalah, seperti ulat-ulat berbulu lainnya," saran Dr Purnama (21/12/2018)

Sumber / berita selengkapnya:
https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4354064/broadcast-ulat-pohon-mangga-mematikan-beredar-lagi-ahli-beri-faktanya
Lebih baru Lebih lama