Polri Harap Dua Pendukung Paslon Jaga Ketertiban Debat Pilpres



Jakarta - Malam nanti tepatnya pukul 20.00 WIB masyarakat akan menyaksikan langsung  perhelatan akbar Debat pertama Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden yang berlangsung di  Hotel Bidakara Jakarta. Debat Capres pertama yang diselenggarakan 4 media penyelenggara  RRI, TVRI, Kompas TV  dan RTV ini mengusung tema  hukum, hak azasi manusia, terorisme dan korupsi.

Debat calon Presiden dan calon Wakil Presiden yang  pertama  ini  akan akan dimeriahkan penyanyi  Judika  asal Sumatra Utara dan Juara Bintang Radio  Nasional  dan ASEAN Dorkas asal Papua. 

Debat calon Presiden dan calon Wakil Presiden yang pertama ini diperkirakan akan berlangsung seru dan menarik, sebab selain tema yang diusung menarik  karena menjadi sorotan publik  selama ini  juga format debat lebih banyak  memberikan kepada pasangan calon untuk saling bertanya, menjawab dan menanggapi jawaban paslon.

Media pun tidak diizinkan memutar iklan dalam bentuk apapun saat debat berlangsung. Hal  ini dimaksudkan agar publik benar benar mengetahui proses debat secara utuh.

Pertanyaannya mampukah pasangan calon menjawab setiap pertanyaan  secara jelas, lugas dan benar tidak bertele tele dan dapat dipahami publik. Kedua kubu telah menyatakan siap berdebat menggunakan strategi yang tepat untuk dapat meyakinkan pun dalam menentukan pilihannya. 

Kemampuan pasangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden dalam debat pertama memang akan berdampak luar  biasa terhadap pemilih yang saat ini masih  bimbang dalam menentukan pilihannya. Begitu juga pemilih yang sama, sekali, belum pernah memilih. 

Tentu saja kemampuan  pasangan calon dalam berdebat terutama yang terkait dengan program akan sangat menentukan  arah  pilihan kepada siapa  akan dijatuhkan, meskipun bagi pemilih fanatik  biasanya  hasil debat tidak berpengaruh besar, tapi bagi pemilih realistis keberhasilan  pasangan calon dalam berdebat akan berpengaruh.

Isu hak azasi manusia, penegakan hukum diperkirakan akan banyak mewarnai. Sebab  sangat boleh jadi  topik ini  menjadi sasaran tembak bagi kedua pasangan calo. 

Namun demikian kita sepakat jika debat calon Presiden dan calon Wakil Presiden  bukanlah ajang saling menjatuhkan tetapi ajang adu gagasan dan program untuk kemajuan bangsa dan negara 5 tahun depan. Sebab siapapun nanti yang terpilih menjadi presiden, dia adalah pemimpin kita.
Lebih baru Lebih lama