Pertama di Indonesia, Koperasi Film Didirikan di Cilacap


Cilacap - Insan perfilman di wilayah Banyumas Raya sepakat mendirikan koperasi film.

Wadah yang kemudian disebut  Koperasi Multi Kreasi Nusantara ini menjadi salah satu hasil Pelatihan Penerapan Dasar dan Jati Diri Koperasi yang diselenggarakan Kementerian Koperasi dan UKM RI, di hotel @Hom Premier Cilacap, Kamis – Minggu (21 – 24/2/2019).

Koperasi dipimpin oleh Insan Indah Pribadi selaku Ketua, Nasruddin Mudaff sebagai Sekretaris dan Anas Danu Sudrajad sebagai bendahara.

Sedangkan Imam Hamidi Antasalam diangkat menjadi Ketua Pengawas, Dinaryanto sebagai Pengawas 1 dan Bambang Teja Maya sebagai Pengawas 2.

Sementara itu selama kegiatan para peserta mendapatkan berbagai materi antara lain Ekosistem Indonesian Film Cooperate yang dibawakan oleh Amrul Hakim, Bisnis Model Koperasi yang disampaikan oleh Andres Muhardi, serta Pemahaman Jati diri Koperasi dan Manajemen Koperasi  oleh Arsyad Dalimunte.

Acara juga dihadiri  Panji Mukadis yang bercerita tentang kisah suksesya InfoScreening ketika bergabung dalam koperasi, serta Penerapan Jati Diri Koperasi dalam kegiatan Koperasi yang disampaikan oleh Suroto.

“Saya jadi tahu kalau koperasi itu ada koperasi konsumen, ada koperasi simpan pinjam dan ada juga koperasi multipihak. Pelatihan semacam ini sangat penting sekali agar masyarakat di daerah seperti saya ini paham tentang pentingnya koperasi” ungkap Aswad Baroza salah satu peserta dari Majenang Cilacap.

Acara dikuti oleh 30 orang berasal dari wilayahi Banyumas Raya.

“Selamat atas terbentuknya Multi Kreasi Nusantara. Ini merupakan Koperasi Film Pertama di Indonesia ” ungkap Amrul Hakim.

Selanjutnya, para pengurus yang diberi amanah, untuk segera mengurus surat menyurat serta badan hukum dan rencana kerja untuk koperasi yang baru dibentuk ini .


Sumber
Lebih baru Lebih lama