Pertamina Pertimbangkan Kemumgkinan Turunkan Harga Avtur


Jakarta - PT Pertamina (persero) membuka peluang untuk menurunkan harga Avtur. Namun tak dirinci pasti berapa besar penurunannya.

"Ya kemungkinannya seperti itu (harga turun), seperti itu nanti kita lihat," kata Direktur Pemasaran Retail Pertamina, Mas'ud Khamid di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (12/2/2019).

Menurut dia, penurunan harga ini merupakan berita bagus untuk industri. Mas'ud menyampaikan penurunan tidak akan mengganggu keuangan Pertamina karena perseroan adalah perusahaan minyak dan gas yang terintegrasi.

"Keuntungan itu bisa dari hulu dan bisa dari hilir, dari lifting. Dari hilir penjualan selisih pembelian crude sehingga variabelnya satu harga, ketiga efisiensi operasi," ujarnya.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) harga avtur di Indonesia sudah sangat kompetitif. Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Fajar Harry Sampurno menjelaskan saat ini harga avtur di Indonesia sudah mengalami penurunan.

"Harga avtur sekarang posisinya terus turun sejak November 2018. Saya sampaikan, harga avtur di Indonesia khususnya di Bandara Soekarno Hatta sangat kompetitif. Kita hanya nomor tiga di Asia Tenggara," kata Fajar di Kementerian BUMN.

Sumber
Lebih baru Lebih lama