Hari Bumi, SBI Tanam 700 Mangrove di Nusakambangan


Cilacap - Memperingati Hari Bumi 2019 Semen Indonesia menggelar kegiatan “Community Day : Membangun Lingkungan” di beberapa lokasi operasional perusahaan meliputi Lhoknga, Indarung, Narogong, Cilacap, Rembang, Tuban, Gresik dan Pangkep. Kegiatan yang melibatkan ratusan peserta dari karyawan mahasiswa, komunitas dan warga sekitar ini digelar sejak Senin - Selasa (22 – 23/4/2019).

Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan Semen Indonesia Sigit Wahono menyampaikan Community Day 2019 ini merupakan program “Membangun Kekuatan Memajukan Indonesia” sekaligus kontribusi perusahaan dalam menjaga kelestarian lingkungan.
Dalam kegiatan ini Semen Indonesia mengajak karyawan bersama masyarakat sekitar melakukan aksi nyata dalam pelestarian lingkungan melalui beberapa bentuk.
Diantaranya penanaman pohon, pelatihan pemilahan sampah rumah tangga, kampanye  mengurangi sampah plastik, bersih kawasan pantai dan revitalisasi hutan bakau.
Di Cilacap PT Solusi Bangun Indonesia (SBI) memperingati dengan menanam mangrove di perairan pulau Nusakambangan dan bersih-bersih saluran air taman di area pabrik dan sekitarnya, Selasa (23/4/2019).
Kegiatan ini melibatkan masyarakat, mahasiswa, Pecinta Alam, Dinas Lingkungan Hidup Dinas Perikanan serta Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).
Mangrove yang ditanam merupakan jenis  Rhizopora Mucronata setinggi 80 - 125 cm sejumlah 700 pohon.
Umar Sigit selaku Manager Lingkungan PT SBI Cilacap menyatakan manfaat menanam pohon mangrove diantaranya menstabilkan daerah pesisir, mencegah abrasi, tempat hidup, dan sumber makanan berbagai jenis satwa dan memperkaya keanekaragam hayati laut maupun darat.
“Penanaman dilakukan dengan metode cluster atau bergerombol dimana satu gerombol berisi 10 pohon mangrove dan ditopang 10 batang bambu sebagai penahan. Metode ini untuk meningkatkan angka harapan hidup mangrove  mengingat kondisi alam yaitu pasang surut air laut yang sangat deras di area sekitar perairan Nusakambangan” katanya.

Lebih baru Lebih lama