Layanan Rehabilitasi Gratis bagi Pecandu Narkoba, ada di BNNK Cilacap


Cilacap - Sebagai upaya mempercepat pencapaian program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Cilacap kini membuka klinik pratama dan layanan rehabilitasi rawat jalan bagi pecandu.



Klinik Pratama Sehati (Sehat Tanpa Narkotika) ini berada di sebelah gedung BNNK Cilacap di Jalan Bromo, Kecamatan Cilacap Selatan dan memberikan layanan secara gratis.

“Tujuan dari klinik ini antara lain sebagai fasilitas layanan rehabilitasi narkoba guna mewujudkan masyarakat Cilacap yang sehat dan bebas dari penyalahgunaan narkoba. Selain itu menyelenggarakan program rehabilitasi narkoba secara komprehensif, berkualitas dan berkesinambungan” jelas Kepala BNNK Cilacap AKBP Triatmo Hamardiyono, Kamis (16/5/2019).

Dikatakan kehadiran klinik bertujuan untuk semakin mendekatkan fasilitas layanan rehabilitasi narkoba.

Ini mengingat layanan rehabilitasi di beberapa rumah sakit pemerintah dan swasta yang ditunjuk, hanya dilakukan pada hari Sabtu.

“Maka di klinik pratama BNNK Cilacap layanan dibuka setiap hari Senin - Kamis mulai 08.00 – 16.00 WIB, dan Jumat sampai 16.30 WIB. Khusus bulan Ramadhan klinik buka jam 8 pagi sampai 3 sore pada Senin sampai Kamis, dan hari Jumat sampai setengah 4 sore” ucapnya.

Klinik pratama BNNK Cilacap dipimpin oleh satu dokter penanggung jawab, dilayani oleh satu orang dokter pelaksana, konselor, perawat dan psikolog.

Sementara menurut dr. Septi Pramudowardhani selaku dokter pelaksana sejak dibuka bulan Maret  lalu klinik pratama Sehati sudah melayani 7 orang pecandu yang kesemuanya merupakan relawan yang secara sukarela melaporkan diri kepada BNNK.

“Bahkan dua diantaranya merupakan pecandu di bawah umur” ucapnya.

Dikatakan Septi, layanan klinik fokus pada upaya membantu masalah setiap klien mulai dari menurunkan dosis pemakaian, sampai bersih atau tidak lagi menjadi pengguna.

Sumber
Lebih baru Lebih lama