RT 3 RW 6 SOKANEGARA

GOTONG ROYONG MELAWAN COVID 19


PURWOKERTO
Dalam upaya mengatasi penyebaran Covid19, pagi hari ini warga RT 3 RW 6 Kelurahan Sokanegara Kecamatan Purwokerto Timur berinisiatif melakukan kegiatan penyemprotan cairan disinfektan di wilayahnya.

Dua orang yang bertugas melakukan penyemprotan yaitu Pak Opik dan Pak Suwarto, dibantu warga lainnya melakukan  penyemprotan di semua sudut wilayah tersebut.


AIPTU Agus Hariyanto, warga setempat yang berdinas sebagai anggota Brimob Kompi 3 Banyumas, melakukan pendampingan pada kegiatan penyemprotan tersebut mengatakan bahwa cairan disinfektan itu dibuat sendiri dengan bahan campuran terdiri atas air 5 liter dicampur dengan Lysol (150 ml), Proclin(150 ml) dan Bayclin (150 ml).


"Beberapa waktu lalu kami membeli alat penyemprot dengan harga sebesar Rp 550 ribu dan untuk membeli bahan-bahan cairan sebesar sekitar Rp 300 ribu. Untuk keperluan itu semua kami ambil dari anggaran kas RT," kata Pak Sudodo bendahara RT setempat.

Warga antusias dan sangat bersemangat melakukan penyemprotan. Pak Sugiarto selaku ketua RT mengatakan bahwa kegiatan ini rencananya akan dilakukan lagi Minggu depan. (*).





SHOLAT JUMAT BERJAMAAH DIGANTI SHOLAT DZUHUR DI RUMAH

PURWOKERTO 
Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa sholat Jumat diganti dengan sholat Zuhur di rumah bagi umat Islam demi mencegah penyebaran penyakit akibat virus Corona.






"Dalam hal ia berada di suatu kawasan yang potensi penularannya tinggi atau sangat tinggi berdasarkan ketetapan pihak yang berwenang maka ia boleh meninggalkan sholat Jumat dan menggantikannya dengan salat Zuhur di tempat kediaman," demikian fatwa MUI (Sumber: muslim.okezone.com, Senin (16/3/2020).

Tidak ada perbedaan salat Zuhur yang dilakukan pada hari biasa dengan sholat Zuhur pengganti sholat Jumat. Sholat Zuhur dilakukan empat rakaat dan dapat diikuti dengan zikir dan berdoa.

Fatwa ini ditetapkan dengan mempertimbangkan firman Allah SWT dalam Alquran, Hadis Nabi, dan sejumlah pendapat, yaitu antara lain:
Dalam Surat Al-Baqarah ayat 185, Allah SWT berfirman, yang artinya: "... Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu..."

Adapun sejumlah Hadis nabi yang jadi pertimbangan diantaranya adalah:

"Nabi Muhammad SAW bersabda: 'Amal-amal umatku disampaikan kepadaku, amal baik atau amal buruknya. Kutemukan diantara amal terbaik adalah menyingkirkan hal membahayakan dari jalan. Dan kutemukan diantara amal terburuknya adalah dahak di masjid yang tidak dibersihkan'." (Hadis riwayat Muslim).

"'Barang siapa yang mendengar Azan wajib baginya salat berjamaah di masjid, kecuali ada uzur'. Para sahabat bertanya : 'Apa maksud uzur?' Jawab Rasulullah SAW: 'Ketakutan atau sakit'." (Hadis riwayat Abu Daud).

Berikut ini adalah situasi kota Purwokerto di sekitar Masjid Bhayangkara, Masjid Jenderal Soedirman, Masjid Agung Baitussalam, Masjid Al-Furqon, Masjid Darussalam, dan beberapa tempat lainnya di Purwokerto pada siang hari ini Jumat, 27 Maret 2020. (*)
Lebih baru Lebih lama