LP Ma’arif NU Banyumas gelar ujian madrasah berbasis komputer online

PURWOKERTO
Merespon penyebaran covid-19 yang belum menentu, Madrasah Tsanawiyah (MTs) dibawah naungan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Banyumas gelar ujian madrasah berbasis komputer (UMBK) secara daring (online).


Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi penyebaran covid-19 sesuai dengan surat edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam nomor B-686.1/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/03/2020 tanggal 24 Maret 2020 perihal Mekanisme Pembelajaran dan Penilaian Madrasah dalam Masa Darurat Pencegahan Penyebaran Covid-19 Point 4.d bahwa penilaian dilakukan secara online.



Sekretaris Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Banyumas, Mujiburrohman menyampaikan MTs Maarif NU telah menggelar UMBK secara online. Teknis ujian diserahkan kepada madrasah untuk secara mandiri melakukan pengaturan penjadwalan.

“Seluruh MTs Ma’arif NU seratus persen menyelenggarakan ujian madrasah online. Dimulai sejak awal April sampai dua minggu ke depan disesuaikan dengan situasi dan kondisi madrasah” terangnya, Senin (6/4/2020).

Mujiburrohman menambahkan, kesiapan operator (proktor) ujian dalam menyiapkan aplikasi akan sangat menentukan kesuksesan UMBK online. Memastikan sarana komputer, instalasi dan jaringan yang siap digunakan saat ujian.

“Madrasah telah membuat aturan teknis yang diberlakukan kepada peserta didik dengan perangkat aplikasi soal yang telah disiapkan. Sehingga perlu kesiapan matang agar dari 13 mata pelajaran ditambah 3 muatan lokal dapat terakomodasi melalui paket soal dalam aplikasi ujian,” jelasnya.

Panitia ujian MTs Ma’arif NU 1 Kedungbanteng, Ali Faishol menjelaskan pihaknya menerapkan sejumlah aturan teknis ujian. Ketentuan pelaksanaan ujian diantaranya siswa mengisi identitas diri. Siswa mengenakan pakaian seragam madrasah yang berlaku pada hari tersebut.

“Dibutuhkan kerjasama siswa, orang tua dirumah dan proktor di madrasah. Sebab proses pengerjaan ujian online juga difoto dan laporkan siswa ke grup kelas masing-masing sebagai bukti fisik,” paparnya.

Meski demikian, lanjut Faishol madrasah telah menyiapkan alternatif antisipasi kemungkinan terjadi gangguan pada jaringan aplikasi. Alternatifnya siswa diberi kesempatan mengulang dan dispensasi khusus.

“Semua perangkat telah dipersiapkan secara matang. Adapun proktor mengawal dan memastikan kesiapan komputer dan instalasi jaringan. Sebagai langkah antisipasi terjadinya kesalahan dan gangguan teknis pada jaringan dan aplikasi,” pungkas Guru MTs Maarif NU 1 Kedungbanteng tersebut.


TIPS AMAN BERSELANCAR DI DUNIA MAYA

PURWOKERTO



Berikut ini adalah beberapa kiat penting dalam berinternet yang seringkali diabaikan, atau bahkan memang jarang (belum) diketahui kebanyakan orang dan akhirnya malah menjadi bencana bagi internet surfer tersebut.


  1. Jika kamu ingin berkomentar tanpa harus menahan diri dan diketahui siapa kamu di suatu forum atau situs, gunakanlah fitur anonim atau guess.
  2. Jangan pernah beradu argumen dengan siapapun di internet, sekalipun dalam suatu forum, tidak akan ada yang peduli dengan argumenmu.
  3. Jika kamu sedang menggunakan internet publik (corner wifi) seperti wifi-id dan merasa internetmu lemot karena banyaknya pengguna, gunakan netcut untuk membatasi bandwith pengguna lain, biasanya ini berhasil.
  4. Catatan: Ada fitur blokir user tapi tidak dianjurkan untuk digunakan karena mereka juga membayar untuk terhubung ke internet :)
  5. Jika kamu tidak ingin histori pencarianmu menumpuk dan memperbanyak cache browser menjadi berat, gunakan incognito mode (mode penyamaran).
  6. Jika kamu merasa sedang dimata-matai (spyware) lewat kamera laptopmu, atau sebagai tindakan pencegahan (kasus seperti ini sering terjadi), tutuplah kamera laptopmu dengan kertas yang di lakban.
  7. Jika kamu ingin mengakses situs, aplikasi atau layanan lainnya yang bersifat privasi, hindari penggunaan komputer publik seperti di warnet atau kantor.
  8. Jangan asal menerima permintaan perizinan dalam suatu situs, ada baiknya baca dan pahami lebih lanjut mengenai perizinan tersebut.
  9. Cadangkan (back up) data penting anda secara rutin dan dalam device yang berbeda, ini untuk menghindari dari kehilangan data akibat kerusakan atau peretasan.
  10. Terkait point nomor 3, selalu gunakan jaringan pribadi atau VPN saat terhubung ke internet publik.
  11. Gunakan browser atau aplikasi yang up-to-date.
  12. Gunakan Autentikasi Dua Faktor (metode verifikasi) untuk memperketat keamanan dan melindungi device atau akun anda, ini juga berguna untuk melacak keberadaan device yang hilang.
  13. Jangan buka sembarang link atau tautan yang tidak dikenali (terutama dalam email), ini untuk terhindar dari metode penipuan phising yang menjebak korban masuk ke dalam tautan tersebut.
  14. Jangan langsung merespon pesan dari seseorang yang tidak dikenal.
  15. Bersihkan cookie browsermu secara berkala.
  16. Selalu lakukan filtering ketika menerima suatu informasi di internet. Jangan langsung membagikannya jika menurutmu itu pantas dibagikan. Tidak semua di internet adalah benar, bahkan bisa dikatakan bahwa 50% seluruh informasi yang beredar di internet adalah hasil manipulasi.
Walau sedikit semoga bermanfaat. Salam.


GERAKAN SERENTAK PENYEMPROTAN DISINFEKTAN OLEH TNI, BPBD, PMI, DISHUB DAN DAMKAR BANYUMAS




PURWOKERTO

Gerakan serentak penyemprotan disinfektan dalam rangka penanganan Covid-19 Kabupaten Banyumas digelar pada hari ini di Purwokerto (31 Maret 2020). Kegiatan ini dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas bekerjasama secara terpadu melibatkan aparat Polri, TNI, dan juga diantaranya adalah BPBD Banyumas, PMI, dan juga Dinas Pemadam Kebakaran.

Video berikut ini memperlihatkan suasana persiapan, apel pemberangkatan satgas pelaksanaan tugas penyemprotan, pelaksanaan penyemprotan oleh petugas di sekitar Tugu Pancasila, Simpang Kebondalem, Simpang Hotel Aston Purwokerto, dan Simpang Palma Purwokerto.

Gerakan serentak penyemprotan disinfektan di Banyumas ini sesuai dengan instruksi Kapolri Jenderal Idham Azis yang telah menerbitkan telegram yang isinya mewajibkan seluruh jajaran kepolisian di Indonesia melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh daerah. Hal ini merupakan salah satu upaya pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19).

Surat telegram bernomor ST/1008/III/KES.7/2020 itu memerintahkan seluruh polisi melakukan penyemprotan disinfektan secara massal. Telegram itu ditandatangani oleh Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono.

"Memerintahkan pada Kasatker / Kasatwil dan seluruh jajaran dengan melibatkan semua Satker atau fungsi (Brimob, KMA Sabhara, KMA Lantas, KMA dan sebagainya) KMA TNI KMA instansi lainnya untuk melaksanakan gerakan serentak dan masif KMA penyemprotan disinfektan dengan menggunakan seluruh fasilitas kendaraan dinas Polri (water cannon KMA KBR) atau dapat memanfaatkan kendaraan dinas lain seperti pemadam kebakaran serta sarana pendukung lainnya," demikian bunyi telegram itu. (*)



SHOLAT JUMAT BERJAMAAH DIGANTI SHOLAT DZUHUR DI RUMAH

PURWOKERTO

Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa sholat Jumat diganti dengan sholat Zuhur di rumah bagi umat Islam demi mencegah penyebaran penyakit akibat virus Corona.





"Dalam hal ia berada di suatu kawasan yang potensi penularannya tinggi atau sangat tinggi berdasarkan ketetapan pihak yang berwenang maka ia boleh meninggalkan sholat Jumat dan menggantikannya dengan salat Zuhur di tempat kediaman," demikian fatwa MUI (Sumber: muslim.okezone.com, Senin (16/3/2020).

Tidak ada perbedaan salat Zuhur yang dilakukan pada hari biasa dengan sholat Zuhur pengganti sholat Jumat. Sholat Zuhur dilakukan empat rakaat dan dapat diikuti dengan zikir dan berdoa.

Fatwa ini ditetapkan dengan mempertimbangkan firman Allah SWT dalam Alquran, Hadis Nabi, dan sejumlah pendapat, yaitu antara lain:
Dalam Surat Al-Baqarah ayat 185, Allah SWT berfirman, yang artinya: "... Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu..."

Adapun sejumlah Hadis nabi yang jadi pertimbangan diantaranya adalah:

"Nabi Muhammad SAW bersabda: 'Amal-amal umatku disampaikan kepadaku, amal baik atau amal buruknya. Kutemukan diantara amal terbaik adalah menyingkirkan hal membahayakan dari jalan. Dan kutemukan diantara amal terburuknya adalah dahak di masjid yang tidak dibersihkan'." (Hadis riwayat Muslim).

"'Barang siapa yang mendengar Azan wajib baginya salat berjamaah di masjid, kecuali ada uzur'. Para sahabat bertanya : 'Apa maksud uzur?' Jawab Rasulullah SAW: 'Ketakutan atau sakit'." (Hadis riwayat Abu Daud).

Berikut ini adalah situasi kota Purwokerto di sekitar Masjid Bhayangkara, Masjid Jenderal Soedirman, Masjid Agung Baitussalam, Masjid Al-Furqon, Masjid Darussalam, dan beberapa tempat lainnya di Purwokerto pada siang hari ini Jumat, 27 Maret 2020. (*)


Lebih baru Lebih lama