BABINSA 02 LIMPUNG DAMPINGI WARGA TERIMA BANTUAN PANGAN NON TUNAI

Babinsa Koramil 02/Limpung Kodim 0736/Batang, Koptu Ahmad mendampingi penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), bantuan sembako pusat kepada warga masyarakat sebanyak 237 KK yang terdampak covid-19 oleh 4 desa penerima, bertempat Agen toko Gunawan Dk .Diwek Desa Wono Kerso Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang. Rabu (12/08/20).

BATANG - Bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat terdampak pandemi Covid 19, khususnya bagi mereka yang kurang mampu: Desa Kalisalak berjumlah 44 KK, Desa Sido mulyo 85 KK, Desa Donorejo 55 KK, Desa Wonokerso 53 KK. Yakni berupa beras 13 kg, telor ayam 8 butir, tempe kedelai satu lonjor, ikan bandeng 3 ekor dan kentang satu bungkus.


Penyaluran bantuan tersebut diberikan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.   

Koptu Ahmad Babinsa 02/limpung, mengatakan, ''Saya akan terus mendampingi dan mengamankan setiap penyaluran bantuan apapun yang akan di berikan , agar dapat berjalan lancar, tertib dan aman. Terutama dalam menghadapi wabah virus Corona jadi penertiban dan penerapan protokol kesehatan harus dipatuhi guna cegah penyebaran virus corona," jelas Babinsa Serda Wawan 

''Diharapkan dengan adanya batuan sembako tersebut warga bisa memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari dan juga masyarakat diharapkan untuk lebih meningkat kesadarannya dan mau mengikuti protokol kesehatan untuk pencegahan covid 19. "harapnya.

/Peni Kusumawati


[CEK FAKTA] PIDATO JOKOWI SEBUT NEGARA TAK PERNAH BERHUTANG TAPI HANYA MELAKUKAN PINJAMAN LUAR NEGERI? INI FAKTANYA

Beredar foto tangkapan layar artikel berjudul "Pidato Lengkap Jokowi, Negara Kita Tidak Pernah Berhutang Hanya Melakukan Pnijaman Dari Luar Negeri". Artikel yang tayang pada 31 Maret 2020 pukul 16.27 WIB, itu seolah dimuat Kompas.com. 


Adalah akun Facebook Gula Surya Zhiu Han mengunggah artikel tersebut pada Senin, 10 Agustus 2020. Pemilik akun juga menambahkan narasi pada unggahan fotonya, bertuliskan sebagai berikut:

"Haiyyaaa .. ini plecident +62 itu hoo .. ?!!

Plecident +62 ini tidak hutang lho ..

cuma pinjam pinjam lual negeli .. 

#aneh_tapi_fakta_lho"


Penelusuran:

Dari hasil penelusuran, klaim bahwa Kompas.com memuat artikel berjudul "Pidato Lengkap Jokowi, Negara Kita Tidak Pernah Berhutang Hanya Melakukan Pnijaman Dari Luar Negeri" adalah salah. Faktanya, artikel tersebut telah diubah atau diedit pada bagian judul.

Pencarian pada kolom indeks Kompas.com, tidak ditemukan artikel berjudul demikian. Namun, ditemukan artikel dengan waktu terbit dan foto sampul yang identik. Artikel itu berjudul “Pidato Lengkap Jokowi, dari PSBB, Listrik Gratis, hingga Keringanan Kredit”.

Pada artikel itu memuat isi pidato Jokowi tentang pemerintah yang telah menetapkan virus korona (covid-19) sebagai jenis penyakit dengan faktor risiko yang menimbulkan kedaruratan kesehatan masyarakat. Sebab itu, Presiden Jokowi telah menetapkan status kedaruratan kesehatan masyarakat dalam rangka menangani kondisi tersebut. 

Untuk mengatasi dampak pandemi covid-19, pemerintah telah memutuskan menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di masyarakat, bukan karantina wilayah. Selain itu, pemerintah mengeluarkan sejumlah kebijakan bagi masyarakat yang terdampak wabah, khususnya kelas ekonomi menengah ke bawah.  Kebijakan yang dimaksud mulai dari penambahan jumlah penerima program kesejahteraan, meringankan pembayaran kredit, hingga menggratiskan tarif listrik.  

Kesimpulan:

Klaim bahwa Kompas.com memuat artikel berjudul "Pidato Lengkap Jokowi, Negara Kita Tidak Pernah Berhutang Hanya Melakukan Pnijaman Dari Luar Negeri" adalah salah. Faktanya, artikel tersebut telah diubah atau diedit pada bagian judul.

Informasi ini masuk kategori hoaks jenis manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik. ***

Sumber

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/eN40P1ON-cek-fakta-pidato-jokowi-sebut-negara-tak-pernah-berhutang-tapi-hanya-mela

Lebih baru Lebih lama