KASAU RESMIKAN PROGRAM e-BBM TNI AU

Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., meresmikan program digitalisasi BBM (e-BBM) TNI AU di Mabesau Cilangkap Jakarta Timur, Senin (24/8/2020).

JAKARTA - Kasau mengatakan, melalui pemanfaatan teknologi digital,  e-BBM dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pemakaian Bahan Bakar Minyak dan  Pelumas satuan TNI AU. 


Kasau mengatakan, aplikasi ini merupakan adaptasi dari Sistem Informasi Manajemen Terintegrasi TNI AU Bidang Logistik (SIMTe-Log AU) untuk melaksanakan monitoring pemakaian BMP di seluruh satuan TNI AU secara real time, baik penggunaan kendaraan dinas maupun untuk alutsista udara.

Kasau optimis sistem penerapan BBM digital akan meningkatan pengelolaan manajemen bidang logistik pertahanan, khususnya di TNI AU.

Kasau juga menekankan, monitoring harus diikuti evaluasi dan tindak lanjut konkret sehingga dapat terus meningkatkan efektivitas, efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas serta penyiapan SDM yang akan mengelolanya. Dengan demikian output dan outcome-nya dapat tercapai dengan baik.

Hadir dalam acara tersebut Wakasau, Aslog Panglima TNI, Waaslog Panglima TNI, para Asisten Kasau, para pejabat lingkungan TNI AU, Wakil Direktur Utama BNI Susi Adi Sulistyowati, 

Direktur Hubungan Lembaga BNI Sis Apik Wijayanto, Government Sales Manager Pertamina Alexander Susilo, Account Manager Government Institution Pertamina Samuel, dan Direktur Operasional Patra Logistik Dodi. ***

CEK FAKTA: FOTO SRI MULYANI BERHIJAB KODE PILKADA SUDAH DEKAT? INI FAKTANYA


Tangkapan layar informasi palsu di media sosial

Beredar sebuah foto memperlihatkan Menteri Keuangan Sri Mulyani berhijab. Foto itu beredar di media sosial.

Adalah akun facebook Hanna Pertiwi yang mengunggah foto tersebut, Jumat 21 Agustus 2020. Akun itu membuat narasi terkait foto Sri Mulyani berhijab.

Berikut narasi selengkapnya:

"Saya terkesima dengan pakaiannya.. Prikitiew.. Kode pilkada sudah dekat Atau tagihan sudah jatuh tempo."

Unggahan ini ramai direspons warganet. Terdiri dari 158 emotikon, 40 komentar dan 4 kali dibagikan.

Penelusuran:

Dari penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, klaim bahwa foto itu memperlihatkan Sri Mulyani berhijab sebagai kode Pilkada sudah dekat atau tagihan jatuh tempo, adalah salah. Faktanya, foto itu memperlihatkan Sri saat berkunjung ke Banda Aceh.

Dilansir Detik.com, foto itu memperlihatkan penampilan Sri saat memberikan kuliah umum di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Kamis 5 Januari 2017. Sri memberikan kuliah umum dengan tema "Peran Fiskal dalam Membangun Perekonomian Inklusif".

"Penampilan mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu berbeda dari hari biasanya," tulis Detik.com dalam laporannya, Kamis 5 Januari 2017.

Dilansir situs cek fakta Turnbackhoax.id, penampilan Sri berhijab tersebut merupakan langkah Sri mematuhi aturan yang berlaku di wilayah Aceh. Peraturan itu tertuang dalam pasal 13 Qanun Aceh nomor 11 tahun 2002 tentang Pelaksanaan Syariat Islam Bidang Aqidah, Ibadah dan Syi’ar Islam.

"Berdasarkan penjelasan tersebut, maka klaim akun Hanna Pertiwi keliru. Oleh sebab itu, konten tersebut masuk ke dalam kategori misleading Content atau Konten yang Menyesatkan," tulis situs Turnbackhoax.id dalam laporannya, Sabtu 22 Agustus 2020.

Kesimpulan:

Klaim bahwa foto itu memperlihatkan Sri Mulyani berhijab sebagai kode Pilkada sudah dekat atau tagihan jatuh tempo, adalah salah. Faktanya, foto itu memperlihatkan Sri saat berkunjung ke Banda Aceh.

Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

Sumber:

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/RkjB7A9k-foto-sri-mulyani-berhijab-kode-pilkada-sudah-dekat-ini-faktanya


Lebih baru Lebih lama