KEPALA SATPOL PP KOTA MAGELANG PIMPIN APEL PAGI DI UPT PEMADAM KEBAKARAN MAGELANG

Kepala Satpol PP Kota Magelang Drs Singgih Indri Pranggana MM melakukan sidak dan pimpin apel bersama bertempat UPT Pemadam Kebakaran jalan Pahlawan no 25 Kota Magelang Jawa Tengah (12/8/020).

MAGELANG - Hadir dalam kegiatan tersebut Ka Satpol PP Drs Singgih Indri Pranggana MM, Kepala UPT Pemadam Kebakaran Pujo Raharjo ST dan  seluruh karyawan dan karyawati di lingkungan UPT Pemadam Kebakaran Kota Magelang.


Dalam amanatnya Kasatpol PP Kota Magelang Drs Singgih Indri Pranggana MM menyampaikan apel pagi ini tetap memperhatikan protokol kesehatan, menjaga jarak, pakai masker, cuci tangan, pakai handsanitizer. 

Maksud dan tujuan apel pagi merupakan langkah yang baik untuk dilaksanakan dan dengan apel pagi banyak manfaat yang kita peroleh bersam, dan sebagai sarana menyampaikan informasi penting.

"Di samping itu dengan apel pagi rasa kekeluargaan dan kebersamaan dapat tercipta keakraban, kekompakan dalam melaksanakan tugas,' tegas Drs Singgih.

Tidak hanya itu saja beliau juga menambahkan, kunjungan spontan ini pada intinya mengapresiasi semangat dan kinerja pasukan Yudha Brama Jaya yang selalu respons cepat dalam penanganan musibah kebakaran, maupun tindak lanjut laporan dari  warga masyarakat tentang penanganan gangguan kenyamanan berupa rumah tawon, tangkap ular, dll. Untuk melayani masyarakat dan instansi yang lain .

Di akhir amanatnya Drs Singgih berpesan agar melaksanakan tugas dan tanggung jawab, pasukan harus meningkatkan keterampilan, berbagi pengalaman antar anggota dan  prioritaskan safety dalam setiap kegiatan lapangan, hindari terjadinya human error, ekstra waspada dalam situasi.

Di tempat yang sama Kepala UPT Pemadam Kebakaran Pujo Raharjo ST mengucapkan banyak terima kasih kepada pimpinan Kepala satpol PP yang telah melaksanakan sidak, tanpa  rencanakan sebelumnya. Hal ini memberikan semangat kepada seluruh staf UPT khususnya Pemadam Kebakaran. ***


[CEK FAKTA] FOTO JOKOWI BERBICARA DENGAN ORANG-ORANGAN SAWAH? INI FAKTANYA

Beredar sebuah foto Presiden Joko Widodo tengah berdiri di tengah berdiri di tengah pematang sawah. Foto tersebut dinarasikan Presiden Joko Widodo sedang berbicara dengan orang-orangan sawah yang biasa digunakan petani untuk mengusir burung.


Akun facebook atas nama Pingky Avie membagikan foto ini pada 11 Agustus 2020. Dalam unggahannya ia turut memberikan narasi.

"Dunia serasa Milik berdua. .. 

Yg lain ngontrak"

Penelusuran

Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom.id, klaim bahwa Presiden Joko Widodo sedang berbicara dengan orang-orangan sawah adalah salah. Faktanya, Jokowi saat itu tengah berbicara dengan salah seorang petani saat blusukan ke Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.


Foto asli unggahan tersebut ditemukan dalam artikel berjudul "Blusukan ke Sawah, Jokowi Temui Petani Sumedang". Artikel dimuat di situs Beritasatu.com pada 17 Maret 2016. Foto tersebut diabadikan oleh fotografer Biro Sekretariat Presiden.

Dalam artikel tersebut dijelaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi kejutan ke sejumlah petani yang sedang membersihkan sawahnya. Petani itu kaget didatangi orang nomor satu di republik.

"Assalamualaikum, apa kabar?," sapa presiden. "Waalaikumsalam, kabar baik, Pak Presiden," ujar salah seorang petani. 

Kunjungan mendadak dan turun ke sawah ini mengagetkan para petani yang sedang beraktivitas di sawah. Usai dari meninjau Bendungan Jatigede Jokowi yang seharusnya makan siang di sebuah rumah makan di Sumedang malah memilih melakukan sidak dulu ke Rumah Sakit Umum Daerah Sumedang.

Dilansir dari Detik.com, kedatangan Jokowi ke Kabupaten Sumedang saat itu meninjau Bendungan Jatigede di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Bendungan ini sudah diresmikan setahun sebelumnya oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

Gubernur Jabar kemudian mengajak Jokowi berkeliling melihat proses pengairan bendungan yang sudah mencapai 40%. Harapannya, Januari 2017 akan terpenuhi 100%.

"Waduk Jatigede ini mengairi 90 ribu hektar dan akan mengairi sawah di Indramayu, Majalengka, Cirebon, ini sebelah utara," ujar Jokowi usai meninjau.

Kesimpulan:

Klaim bahwa Presiden Joko Widodo sedang berbicara dengan orang-orangan sawah adalah salah. Faktanya, Jokowi saat itu tengah berbicara dengan salah seorang petani saat blusukan ke Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Informasi ini jenis hoaks False context. False context  adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada. ***

Sumber

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/3NOGgwXN-cek-fakta-foto-jokowi-berbicara-dengan-orang-orangan-sawah-ini-faktanya

Referensi:
1.https://www.beritasatu.com/nasional/355298/blusukan-ke-sawah-jokowi-temui-petani-sumedang
2.https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3166926/tinjau-bendungan-jatigede-jokowi-ini-akan-mengairi-90-ribu-hektar-sawah
3.https://m.tribunnews.com/nasional/2016/03/18/turun-dari-mobil-presiden-jokowi-datangi-petani-di-tengah-sawah
4.https://archive.vn/rZLvM





Lebih baru Lebih lama