PLOTTING LOKASI TIM SURVAI PEMELIHARAAN BERKALA TAHUN ANGGARAN 2021

Kepala operasi dan Pemeliharaan Balai Pemberdayaan Sumber Daya Air Progo Bogowonto Luk Ulo (PSDA) Fredy Nur Cahya ST.MT pimpin rapat plotting lokasi tim survai Pemeliharaan berkala tahun anggaran 2021 di ruang rapat Kantor Balai PSDA Probolo Purworejo, Jawa Tengah (18/8).

PURWOREJO - Hadir dalam kegiatan tersebut Kasi OP, PPK irigasi serta seluruh staf pengolah data di lingkungan Kantor Balai PSDA Probolo. 


Disampaikan oleh Kasi OP, jaringan irigasi merupakan infrastruktur yang diharapkan mampu memberikan pelayanan pada pertanian dalam waktu panjang. 

"Sering kali orang berpikir setelah pembangunan selesai maka kewajiban terhadap jaringan irigasi, anggapan tersebut salah. Kenyataannya jaringan irigasi memerlukan kegiatan pengelolaan yang disebut dengan operasi dan pemeliharaan (OP)," tuturnya.

"Adapun untuk wilayah Kordinator Perwakilan Balai, Korpokla Progu Hulu Magelang, prioritas utama yang diajukan Daerah irigasi Sekunder  Kalibening, Daerah irigasi Progo manggis, Saluran sekunder Bondowoso, Sukorejo, Deyangan dan Donorojo. Hasil survai dimasukkan ke dalam buku survai meliputi lokasi kordinat, alamat saluran irigasi yang rusak, dilampiri foto, sket dan biaya, ditandatangani tim survai," tambah Fredy.

Selain itu beliau juga menambhkan  mengapa jaringan irigasi memerlukan (O&P) kondisi jaringan irigasi akan semakin menurun seiring dengan waktu dan penggunaanya. 

"Operasi yang diartikan sebagai upaya pengaturan air irigasi dan pembuangan yang harus tetap terjaga agar pelayanan air dapat sesuai dengan harapan," tegasnya.

Kepala Balai PSDA Probolo Ir. Dyah Purbandari MT mengucapkan terima kasih kepada para staf pengolah data yang sudah ikut hadir mengikuti  pembinaan, dengan memperhatikan protokol kesehatan, pakai masker, cuci tangan dengan sabun.

"Sosialisasi survai berkala ini perlu ditingkatkan untuk mengamankan jaringan irigasi agar selalu dapat berfungsi dengan baik, guna memperlancar, untuk mempertahankan kelestariannya. Kami berharap dengan pemeliharaan kondisi jaringan irigasi optimal sebelum terjadi kerusakan," jelas Ir Dyah.*** (SM).


[CEK FAKTA] PIDATO JOKOWI SEBUT NEGARA TAK PERNAH BERHUTANG TAPI HANYA MELAKUKAN PINJAMAN LUAR NEGERI? INI FAKTANYA

Beredar foto tangkapan layar artikel berjudul "Pidato Lengkap Jokowi, Negara Kita Tidak Pernah Berhutang Hanya Melakukan Pnijaman Dari Luar Negeri". Artikel yang tayang pada 31 Maret 2020 pukul 16.27 WIB, itu seolah dimuat Kompas.com. 


Adalah akun Facebook Gula Surya Zhiu Han mengunggah artikel tersebut pada Senin, 10 Agustus 2020. Pemilik akun juga menambahkan narasi pada unggahan fotonya, bertuliskan sebagai berikut:

"Haiyyaaa .. ini plecident +62 itu hoo .. ?!!

Plecident +62 ini tidak hutang lho ..

cuma pinjam pinjam lual negeli .. 

#aneh_tapi_fakta_lho"

Penelusuran:

Dari hasil penelusuran, klaim bahwa Kompas.com memuat artikel berjudul "Pidato Lengkap Jokowi, Negara Kita Tidak Pernah Berhutang Hanya Melakukan Pnijaman Dari Luar Negeri" adalah salah. Faktanya, artikel tersebut telah diubah atau diedit pada bagian judul.

Pencarian pada kolom indeks Kompas.com, tidak ditemukan artikel berjudul demikian. Namun, ditemukan artikel dengan waktu terbit dan foto sampul yang identik. Artikel itu berjudul “Pidato Lengkap Jokowi, dari PSBB, Listrik Gratis, hingga Keringanan Kredit”.

Pada artikel itu memuat isi pidato Jokowi tentang pemerintah yang telah menetapkan virus korona (covid-19) sebagai jenis penyakit dengan faktor risiko yang menimbulkan kedaruratan kesehatan masyarakat. Sebab itu, Presiden Jokowi telah menetapkan status kedaruratan kesehatan masyarakat dalam rangka menangani kondisi tersebut. 

Untuk mengatasi dampak pandemi covid-19, pemerintah telah memutuskan menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di masyarakat, bukan karantina wilayah. Selain itu, pemerintah mengeluarkan sejumlah kebijakan bagi masyarakat yang terdampak wabah, khususnya kelas ekonomi menengah ke bawah.  Kebijakan yang dimaksud mulai dari penambahan jumlah penerima program kesejahteraan, meringankan pembayaran kredit, hingga menggratiskan tarif listrik.  

Kesimpulan:

Klaim bahwa Kompas.com memuat artikel berjudul "Pidato Lengkap Jokowi, Negara Kita Tidak Pernah Berhutang Hanya Melakukan Pnijaman Dari Luar Negeri" adalah salah. Faktanya, artikel tersebut telah diubah atau diedit pada bagian judul.

Informasi ini masuk kategori hoaks jenis manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik. ***

Sumber

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/eN40P1ON-cek-fakta-pidato-jokowi-sebut-negara-tak-pernah-berhutang-tapi-hanya-mela


Lebih baru Lebih lama