POLRES BATANG INGATKAN MASYARAKAT AGAR TETAP IKUTI PROTOKOL KESEHATAN

Dalam rangka pencegahan penyebaran virus Covid-19, Kanit Kamsa Satbinmas Polres Batang Iptu Sugiyana bersama anggota melaksanakan sambang dialogis dengan karyawan dan pengunjung toko mas Pantes jalan Sudirman Batang, Senin (10/8/2020).

BATANG - Iptu Sugiyana mengatakan sosialisasi adaptasi kebiasaan baru terus dilakukan pihak Kepolisian dengan berkeliling ke Desa-Desa dan pusat-pusat kerumunan massa seperti pasar, ruko dan fasilitas publik lainnya.


"Dengan kebijakan  adaptasi kebiasaan baru diharapkan masyarakat yang akan melakukan aktivitas di luar rumah tetap melakukan protokol Kesehatan sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran Virus Covid-19," ungkap Iptu Sugiyana.

Dalam sosialisasinya Iptu Sugiyana mengimbau kepada warga masyarakat agar tetap mengikuti protokol kesehatan.

"Wajib menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, ketika berada di pusat-pusat kerumunan massa seperti pasar atau fasilitas umum atau publik untuk dapat menjaga jarak minimal 1 meter dan menghindari sentuhan langsung. Semoga dengan sosialisasi adaptasi kebiasaan baru yang kami sampaikan dapat diterima dengan baik serta dilaksanakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu kepada pelaku usaha kami imbau untuk dapat menyediakan tempat mencuci tangan, sabun maupun handsanitizer," ujarnya.

"Mari kita terapkan protokol Kesehatan dan jadi pelopor Kesehatan agar kita bersama dapat memutuskan mata rantai penyebaran Virus Covid-19," pungkasnya.

/Anto Saputro


CEK FAKTA HOAKS VIDEO WANITA MUSLIMAH DIBAPTIS DI SUNGAI

Pemilik akun Facebook Abdul Aziz bin Manai Sofyan mengunggah sebuah foto yang mengejutkan. Video tersebut menggambarkan sekumpulan ibu-ibu muslimah sedang dibaptis di sebuah sungai.


Video tersebut diunggahnya pada Kamis (6/8/2020) pukul 11.40 WIB. Video yang disebut ibu-ibu muslimah dibaptis di sungai mendapat 154 reaksi dan 192 komentar di Facebook.

Begini narasi yang dibuat Abdul Aziz bin Manai Sofyan sebagai keterangan video:

"Ritual Baptis Terhadap Ibu-Ibu Muslimah Berjilbab

Ibu-Ibu Muslimah berjilbab Dibaptis Kristenisasi Ya Allah Sedihnya Hati Ini.

Ada yang bisa infokan ini dimana? Benar atau tidaknya.

#kristenisasi #islam #umatislambersatulah #kebangkitan #kristen #baptis #masukkristen #pemurtadan #murtad #viral"

Lalu, benarkah ada video ibu-ibu muslimah tengah dibaptis di sebuah sungai sesuai video tersebut?

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba mencari kebenaran hal tersebut dengan memasukan kata kunci: 'ibu-ibu dibaptis' di mesin pencari, Google. Tim menemukan banyak artikel dan video yang serupa.

Tim pun mendapatkan artikel dari Tribun Jabar dengan judul: 'HEBOH Video Pembaptisan Ibu-ibu Berhijab di Cikidang Sukabumi, Camat: Hoaks'. Artikel tersebut sudah dipublikasikan pada Rabu, 5 Agustus 2020.

Artikel tersebut menyebut kejadian berlangsung di Cikadang, Sukabumi, Jawa Barat. Camat Cikidang, Zamtika menyebut video ibu-ibu muslimah dibaptis adalah hoaks.

"Sebagaimana yang beberapa hari kebelakang yang tersiar adanya video yang menerangkan seolah-olah masyarakat kami, ada kegiatan pemurtadan, setelah kami berkonsultasi dengan para tokoh masyarakat, tokoh alim ulama, termasuk beberapa kepala desa, bahwa video tersebut tidak benar atau hoaks. Mohon bisa diketahui oleh masyarakat umumnya," ujar Zatimka didampingi Kapolsek dan Danramil Cikidang.

Tim juga menemukan penjelasan yang sama di artikel: 'Heboh Video Pembaptisan Ibu-ibu di Cikidang Sukabumi, Camat: Hoax!'. Artikel tersebut dimuat oleh kumparan pada 5 Agustus 2020.

Selain dari Camat Cikadang, artikel itu mengambil penjelasan dari Ketua MUI Kecamatan Cikidang, Deden Zaenal Mutaqin yang menyatakan bahwa video tersebut hoax.

"Sampai saat ini di Kecamatan Cikidang (yang terdiri) 12 desa tidak ada indikasi pemurtadan. Intinya sampai saat ini, Alhamdulillah di Kecamatan Cikidang tidak ada pemurtadan seperti yang di video itu," tegasnya.

Kesimpulan

Video yang menyebut ibu-ibu muslimah dibaptis di sungai adalah hoaks. Camat dan MUI Kecamatan Cikadang sudah membantah kalau video itu tidak benar.

Informasi ini jenis hoaks False context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

Sumber

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4324880/cek-fakta-hoaks-video-wanita-muslimah-dibaptis-di-sungai

Lebih baru Lebih lama