DALAM RANGKA HUT PMI KE-75, SATGAS YONARMED 3/TARIK ADAKAN DONOR DARAH

Melaksanakan donor darah secara sukarela dilakukan Satgas Yonarmed 3/105 Tarik dalam memeriahkan HUT PMI ke-75 di daerah penugasan. Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonarmed 3/105 Tarik, Letkol Arm Laode Irwan Halim, S.I.P., M.Tr. (Han). di Desa Noemuti, Kecamatan Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur, Kamis (17/9/2020). 

KEFAMENANU - Diungkapkan Dansatgas, dalam memperingati HUT PMI ke-75, Satgas Yonarmed 3/105 Tarik menggelar aksi donor darah yang diikuti anggota Satgas dengan tujuan untuk memenuhi persediaan stok darah di Puskesmas secara sukarela bersama masyarakat. 

"Kehadiran satgas di daerah perbatasan ini juga untuk mengayomi masyarakat guna membatu kesulitan warga yang selama ini menjadi ibu kandung bagi TNI," ucapnya. 

"Mengingat posko pelayanan kesehatan di daerah perbatasan sangat minim, dan untuk mengantisipasi habisnya stok darah pada saat diperlukan, maka pelaksanaan donor ini diharapkan efektif dalam membantu PMI apabila masyarakat ada yang membutuhkan," tambahnya. 

Lebih lanjut dikatakan, dipimpin langsung Lettu CKM Guntur, pelaksanaan aksi donor ini selain bertujuan membantu PMI untuk memenuhi stok darah, juga agar kehadiran Satgas Pamtas RI - RDTL Yonarmed 3/105 Tarik memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar di daerah perbatasan.

"Dalam perayaan HUT PMI ke 75 kali ini Satgas Yonarmed 3/105 Tarik merayakannya terasa berkesan karena mengingat kita ramaikan bersama dengan masyarakat yang berada  daerah perbatasan," ucap Guntur.

Sementara itu, menanggapi kegiatan donor yang dilakukan, Ny. Rian Nitbani (23) selaku warga Neomuti merasa terkesan dengan yang dilakukan Satgas Yonarmed 3/105 Tarik, karena secara sukarela menyisihkan waktunya untuk membantu menyediakan stok darah di daerah tersebut bersama-sama masyarakat.

"Saya terkesan sekaligus bangga dengan bapak-bapak TNI yang secara sukarela dan ikhlas menyumbangkan darahnya untuk mereka yang membutuhkan pertolongan," terangnya.

Kristina Muki, S.Pd M. Pd. (46) secara lisan mengucapkan rasa terimakasih pada Satgas Yonarmed 3 yang telah merayakan HUT PMI kali ini dengan mengisi kegiatan yang positif.

"Saya ucapkan terima kasih kepada bapak-bapak sekalian semoga apa yang dilaksanakan pada pagi hari ini menjadi berkah", ujarnya. ***(SM)


[CEK FAKTA] PIDATO JOKOWI SEBUT NEGARA TAK PERNAH BERHUTANG TAPI HANYA MELAKUKAN PINJAMAN LUAR NEGERI? INI FAKTANYA

Beredar foto tangkapan layar artikel berjudul "Pidato Lengkap Jokowi, Negara Kita Tidak Pernah Berhutang Hanya Melakukan Pnijaman Dari Luar Negeri". Artikel yang tayang pada 31 Maret 2020 pukul 16.27 WIB, itu seolah dimuat Kompas.com. 


Adalah akun Facebook Gula Surya Zhiu Han mengunggah artikel tersebut pada Senin, 10 Agustus 2020. Pemilik akun juga menambahkan narasi pada unggahan fotonya, bertuliskan sebagai berikut:

"Haiyyaaa .. ini plecident +62 itu hoo .. ?!!

Plecident +62 ini tidak hutang lho ..

cuma pinjam pinjam lual negeli .. 

#aneh_tapi_fakta_lho"

Penelusuran:

Dari hasil penelusuran, klaim bahwa Kompas.com memuat artikel berjudul "Pidato Lengkap Jokowi, Negara Kita Tidak Pernah Berhutang Hanya Melakukan Pnijaman Dari Luar Negeri" adalah salah. Faktanya, artikel tersebut telah diubah atau diedit pada bagian judul.

Pencarian pada kolom indeks Kompas.com, tidak ditemukan artikel berjudul demikian. Namun, ditemukan artikel dengan waktu terbit dan foto sampul yang identik. Artikel itu berjudul “Pidato Lengkap Jokowi, dari PSBB, Listrik Gratis, hingga Keringanan Kredit”.

Pada artikel itu memuat isi pidato Jokowi tentang pemerintah yang telah menetapkan virus korona (covid-19) sebagai jenis penyakit dengan faktor risiko yang menimbulkan kedaruratan kesehatan masyarakat. Sebab itu, Presiden Jokowi telah menetapkan status kedaruratan kesehatan masyarakat dalam rangka menangani kondisi tersebut. 

Untuk mengatasi dampak pandemi covid-19, pemerintah telah memutuskan menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di masyarakat, bukan karantina wilayah. Selain itu, pemerintah mengeluarkan sejumlah kebijakan bagi masyarakat yang terdampak wabah, khususnya kelas ekonomi menengah ke bawah.  Kebijakan yang dimaksud mulai dari penambahan jumlah penerima program kesejahteraan, meringankan pembayaran kredit, hingga menggratiskan tarif listrik.  

Kesimpulan:

Klaim bahwa Kompas.com memuat artikel berjudul "Pidato Lengkap Jokowi, Negara Kita Tidak Pernah Berhutang Hanya Melakukan Pnijaman Dari Luar Negeri" adalah salah. Faktanya, artikel tersebut telah diubah atau diedit pada bagian judul.

Informasi ini masuk kategori hoaks jenis manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik. ***

Sumber

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/eN40P1ON-cek-fakta-pidato-jokowi-sebut-negara-tak-pernah-berhutang-tapi-hanya-mela

Lebih baru Lebih lama