PEMBAGIAN MASKER OLEH ANGGOTA POLSEK PATIKRAJA BERSAMA TOGA, TOMAS, TODA DAN ORMAS

Kamis, tanggal 10 September 2020 Pkl. 09.30 WIB s.d. 10.30 WIB di Pasar Patikraja dan SPBU Kedungrandu dilaksanakan Pembagian masker oleh Anggota Polsek Patikraja.

PATIKRAJA - Hadir pada kegiatan tersebut Camat Patikraja Widyo satmoko BA, AKP Sumpening, SH ( Kapolsek Patikraja), Kapten  Sentot (Danramil 03 Patikraja), Bapak Ali mashadi SPd (Tokoh Agama NU), Bapak Hadi Sutrisno (Tokoh Agama Muhamadiyah), Sugeng Adri Santoso (ketua PP),  Hamdani (Tokoh masyarakat), Ari Murtiana SPd (Karang Taruna), Anggota Polsek Patikraja, Anggota Koramil Patikraja, Anggota Gugus Tugas Covid 19 Kec. Patikraja dan warga masyarakat.



Kegiatan dimulai dengan melaksanakan Apel Persiapan di Halaman mapolsek Patikraja, dipimpin oleh Kapolsek Patikraja. AKP Sumpening SH dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembagian masker kepada masyarakat merupakan tindak lanjut dari Pimpinan Polri sebagai upaya mencegah penyebaran Covid 19.

Dalam pembagian masker kali ini melibatkan tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, diharapkan pesan bisa lebih mengena kepada warga masyarakat

Adapun tekhnis pembagian, anggota dibagi menjadi dua dan melakukan pembagian masker di Pasar Patikraja dan. SPBU Kedungrandu dengan sasaran warga yang tidak memakai masker  dan warga yang maskernya sudah tidak layak

Dalam pembagian masker di  Pasar Patikraja dan SPBU Kedungrandu ini jumlah masker yang dibagikan sebanyak 200 (dua ratus) buah masker. Pembagian masker berjalan dengan aman dan lancar. ***


[CEK FAKTA] PIDATO JOKOWI SEBUT NEGARA TAK PERNAH BERHUTANG TAPI HANYA MELAKUKAN PINJAMAN LUAR NEGERI? INI FAKTANYA

Beredar foto tangkapan layar artikel berjudul "Pidato Lengkap Jokowi, Negara Kita Tidak Pernah Berhutang Hanya Melakukan Pnijaman Dari Luar Negeri". Artikel yang tayang pada 31 Maret 2020 pukul 16.27 WIB, itu seolah dimuat Kompas.com. 


Adalah akun Facebook Gula Surya Zhiu Han mengunggah artikel tersebut pada Senin, 10 Agustus 2020. Pemilik akun juga menambahkan narasi pada unggahan fotonya, bertuliskan sebagai berikut:

"Haiyyaaa .. ini plecident +62 itu hoo .. ?!!

Plecident +62 ini tidak hutang lho ..

cuma pinjam pinjam lual negeli .. 

#aneh_tapi_fakta_lho"

Penelusuran:

Dari hasil penelusuran, klaim bahwa Kompas.com memuat artikel berjudul "Pidato Lengkap Jokowi, Negara Kita Tidak Pernah Berhutang Hanya Melakukan Pnijaman Dari Luar Negeri" adalah salah. Faktanya, artikel tersebut telah diubah atau diedit pada bagian judul.

Pencarian pada kolom indeks Kompas.com, tidak ditemukan artikel berjudul demikian. Namun, ditemukan artikel dengan waktu terbit dan foto sampul yang identik. Artikel itu berjudul “Pidato Lengkap Jokowi, dari PSBB, Listrik Gratis, hingga Keringanan Kredit”.

Pada artikel itu memuat isi pidato Jokowi tentang pemerintah yang telah menetapkan virus korona (covid-19) sebagai jenis penyakit dengan faktor risiko yang menimbulkan kedaruratan kesehatan masyarakat. Sebab itu, Presiden Jokowi telah menetapkan status kedaruratan kesehatan masyarakat dalam rangka menangani kondisi tersebut. 

Untuk mengatasi dampak pandemi covid-19, pemerintah telah memutuskan menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di masyarakat, bukan karantina wilayah. Selain itu, pemerintah mengeluarkan sejumlah kebijakan bagi masyarakat yang terdampak wabah, khususnya kelas ekonomi menengah ke bawah.  Kebijakan yang dimaksud mulai dari penambahan jumlah penerima program kesejahteraan, meringankan pembayaran kredit, hingga menggratiskan tarif listrik.  

Kesimpulan:

Klaim bahwa Kompas.com memuat artikel berjudul "Pidato Lengkap Jokowi, Negara Kita Tidak Pernah Berhutang Hanya Melakukan Pnijaman Dari Luar Negeri" adalah salah. Faktanya, artikel tersebut telah diubah atau diedit pada bagian judul.

Informasi ini masuk kategori hoaks jenis manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik. ***

Sumber

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/eN40P1ON-cek-fakta-pidato-jokowi-sebut-negara-tak-pernah-berhutang-tapi-hanya-mela




Lebih baru Lebih lama