TARUNA WAJIB MENGENAL PEJABAT DISTRIBUSI AKMIL DAN HARUS MENGENAL DIRINYA SENDIRI

Gubernur Akmil Mayor Jenderal TNI Totok Imam Santoso, SIP S.Sos M.Tr. (Han) memberikan pengarahan kepada Taruna Tingkat III/Sersan Mayor Dua Taruna (Sermadatar), yang dihadiri para pejabat Distribusi Akmil dan seluruh Pengasuh Resimen Taruna Madya serta 278 Taruna dan 18 Taruni Tingkat III bertempat di Lapangan Batalyon Taruna Madya Akmil, Tidar, Rabu (16/9).

TIDAR - Dalam pengarahan Gubernur Akmil  menyampaikan, “Taruna wajib untuk mengenal para Pejabat Distribusi Akmil. Kemudian menjalin hubungan komunikasi yang bagus dan ikatan batin yang kuat antara Taruna dengan Pejabat, Pengasuh dan Organik Akmil untuk memecahkan permasalahan yang ada. Taruna harus melaksanakan tugas belajar dan berlatih dengan baik dan bertanggung jawab dengan mentaati aturan dalam Perkhustar (Peraturan Khusus Taruna) untuk mewujudkan, menjadi kebanggaan orang tua dan pengabdian kepada bangsa dan negara nantinya. Taruna dididik untuk menjadi Perwira TNI AD dan memiliki gelar Sarjana Terapan Pertahanan”.

Lebih lanjut Gubernur Akmil menyampaikan, “Dalam pembuatan TA (Tugas Akhir), manfaatkan waktu, sarana dan prasarana yang ada untuk menyiapkan TA yang nantinya akan mendukung Taruna dalam penugasan sebagai Perwira.

 "Taruna juga akan diberi kartu Perpusnas (Perpustakaan Nasional Republik Indonesia) untuk dapat mengakses buku-buku perpustakaan elektronik untuk mendukung TA dan menambah pengetahuan."Taruna harus menjadi perwira yang profesional dan militan dan tidak menjadi perwira cengeng,” ujar Gubernur.

Selanjutnya dikatakan Taruna senior harus bisa mendidik dan memberikan arahan yang baik, mampu membangun komunikasi yang harmonis dengan Taruna Yunior dan jangan warnai dengan kebencian dan kekerasan terhadap yunior. Taruna Senior harus menjadi figur yang baik dari segi penampilan, sikap dan tingkah laku oleh yunior. Harus mampu berdisiplin waktu yang baik tidak ada kegiatan yang terlambat akibat Taruna tidak bisa menepati waktu di setiap kegiatan.

Gubernur Akmil memberikan atensi terhadap situasi pandemi Covid ini, Taruna harus menyadari tentang aturan dan wajib mematuhi Protokol Kesehatan dengan pemakaian masker, cuci tangan dan rajin olah raga. 

"Tidak ada Taruna yang berupaya untuk mengkondisikan pengasuh / organik Akmil untuk mencapai keinginan pribadi dengan melanggar aturan," tuturnya.

Di akhir pengarahan Gubernur Akmil menekankan, ”Taruna harus bisa menjadi diri sendiri (mandiri) dan jangan menggantungkan dirimu pada orang lain. Laksanakan dan tingkatkan ibadah masing-masing dengan tepat waktu dan selulu diawali berdoa sebelum melaksanakan kegiatan. ***(SM)


[CEK FAKTA] JOKOWI MINTA SEMUA GUBERNUR TIRU KERJA KERAS ANIES BASWEDAN? INI FAKTANYA



Beredar sebuah artikel di media sosial berjudul "Resesi di Depan Mata, Jokowi Minta Semua Gubernur Tiru Kerja Keras Anies Selamatkan Ekonomi". Artikel ini beredar di media sosial facebook.

Akun facebook atas nama Surya Mandava membagikan tangkapan layar artikel ini pada 10 September 2020. Dalam unggahannya ia memberikan narasi.

"Tp cebong" bilang Anies ga bisa kerja ?

Gmna ini bong, junjunganmu kok suruh niru orang yg ga bisa krja, cuma pandai mnata kta?????????????"

Penelusuran:

Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom.id, klaim bahwa Jokowi meminta semua gubernur meniru kerja keras Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam menyelamatkan ekonomi adalah salah. Faktanya, dalam artikel tersebut tidak ada kutipan dari Jokowi yang menyebutkan Anies Baswedan.

Artikel berita tersebut dimuat di situs tindonews.com pada Kamis, 10 September 2020. Ada ketidaksesuaian antara judul berita dengan substansi isi berita tersebut.

Kesimpulan:

Klaim bahwa Jokowi meminta semua gubernur meniru kerja keras Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam menyelamatkan ekonomi adalah salah. Faktanya, dalam artikel tersebut tidak ada kutipan dari Jokowi yang menyebutkan Anies Baswedan.

Informasi ini jenis hoaks False connection (koneksi yang salah). Ciri paling gamblang dalam mengamati konten jenis ini adalah ditemukannya judul yang berbeda dengan isi berita. Konten jenis ini biasanya diunggah demi memperoleh keuntungan berupa profit atau publikasi berlebih dari konten sensasional.

Sumber

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/zNAYyg3N-cek-fakta-jokowi-minta-semua-gubernur-tiru-kerja-keras-anies-baswedan-i

Referensi:

https://archive.vn/vnv1M

https://www.medcom.id/foto/news/RkjBxREk-jokowi-perintahkan-gubernur-percepat-realisasikan-anggaran-belanja

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

Lebih baru Lebih lama