GERAKAN BUAYAN BERSEDEKAH, WUJUDKAN SOLIDARITAS DAN KERUKUNAN WARGA DESA BUAYAN

KEBUMEN - Gerakan Buayan Bersedekah (GBB) telah diluncurkan di Balai Desa Buayan Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, yang disaksikan Kepala Desa Suparno, jajaran perangkat desa, sesepuh, tokoh masyarakat, dan warga masyarakat Desa Buayan dalam bentuk penyerahan santunan kepada anak yatim dan kaum dhuafa.



Kepala Desa (Kades) Buayan Suparno saat ditemui awak media di ruang kerjanya menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kerukunan dan solidaritas di antara sesama warga masyarakat Desa Buayan (5/2).

Kegiatan ini menurut Kades Suparno adalah gerakan sosial masyarakat berdasarkan hasil musyawarah warga Desa Buayan pada tanggal 21 November 2020 yang lalu.

Telah disepakati pada waktu itu untuk selalu rutin dilaksanakan di setiap hari Jumat di Balai Desa Buayan sebagai wujud kerukunan dan solidaritas masyarakat desa.

"Kegiatan ini kami serahkan pelaksanaannya ke panitia penyelenggara Gerakan Buayan Bersedekah (GBB) untuk menyalurkan santunan kepada warga masyarakat yang layak menerima santunan seperti kaum dhuafa dan yatim piatu. Santunan yang diberikan adalah hasil dari pengumpulan sedekah warga Desa Buayan sendiri di mana pihak Pemerintah Desa Buayan berperan memfasilitasi sebagai pemantau dalam penyalurannya," demikian penjelasan Kades Buayan Suparno.

Tidak hanya kepada anak yatim piatu, menurut Kades Buayan, warga desanya juga memberikan santunan untuk keluarga yang anggota keluarganya meninggal, untuk warga yang sedang menderita sakit, ada juga santunan bagi warga masyarakat yang sedang menjalani rawat inap di rumah sakit, dan ada juga bantuan antar jemput warga ke rumah sakit (RS) secara gratis selama 24 jam.

"Kami berharap kelak Desa Buayan dapat memiliki ambulan sendiri untuk seluruh warga masyarakat Desa Buayan yang membutuhkan bantuan sarana transportasi seperti istri mau melahirkan dan sebagainya," jelasnya. 

Ahmad Sheehan El Fathan (14 tahun) seorang anak yatim penerima santunan mengucapkan terima kasihnya. "Semoga Bapak Kepala Desa dan para donatur warga Desa Buayan selalu diberikan kemudahan dan kesehatan," katanya. 

Kristin warga RT 01 RW 01 Desa Buayan seorang penerima manfaat bantuan saat melahirkan anak pertama juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Gerakan Buayan Bersedekah (GBB).

"Saya berharap kerukunan dan saling peduli di antara warga masyarakat Desa Buayan akan terus berlanjut sampai generasi yang akan datang. Saya juga bangga menjadi warga masyarakat Desa Buayan di bawah kepemimpinan Bp. Suparno selaku Kepala Desa Buayan yang telah membuat ide seperti ini. Alhamdulillah banyak sekali masyarakat yang terbantu. Di samping itu, dengan kegiatan ini maka hubungan di antara warga masyarakat Desa Buayan jadi tetap solid dan harmonis," pungkasnya. ***




Baca juga:

DARI GLOBALISASI KE ERA DIGITAL





Lebih baru Lebih lama