INSAN PERS WAJIB TANGKAL HOAKS YANG MEMECAH BELAH BANGSA

JAKARTA - Pers adalah pilar keempat demokrasi untuk terus mencerdaskan masyarakat Indonesia dengan memberikan informasi. Hari Pers Nasional tanggal 9 Februari diperingati setiap tahun. Pada tahun ini tema yang diangkat "Bangkit dari Pandemi, Pers Sebagai Akselerator Perubahan dan Pemulihan Ekonomi". 



Karena masih dalam masa pandemi Covid-19 atau virus corona Hari Pers Nasional tahun ini digelar secara virtual.

Meski digelar secara virtual, semangat Hari Pers Nasional pun tak ikut luntur. Pasalnya, kegiatan tetap dilakukan. Tak hanya itu, sejumlah pejabat negara ikut terlibat, salah satunya adalah Presiden Indonesia Joko Widodo beserta jajarannya.

Dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengucapkan selamat kepada insan pers, "Saya Jenderal Listyo Sigit Prabowo selaku Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) mengucapkan selamat Hari Pers Nasional tahun 2021".

Kemudian Kapolri mengatakan, "Semoga Pers senantiasa menjadi garda terdepan dalam mencerahkan masyarakat sebagai pilar keempat Demokrasi".

Kapolri juga meminta insan pers untuk ikut membantu menangkal serta memerangi penyebaran hoaks yang dapat memecah belah bangsa dan negara. 

"Serta membantu Polri dalam menangkal timbulnya hoaks dan ujaran kebencian yang mengancam kehidupan berbangsa dan bernegara," ujar Kapolri.

Dengan munculnya semangat yang sama untuk menjaga keutuhan NKRI itu, Sigit menekankan, hal itu dapat semakin memperkuat kebhinekaan yang ada di Indonesia.

"Sehingga turut membangkitkan semangat kebhinekaan yang mendorong produktivitas dan optimistisme bangsa," demikian ucap Kapolri. ***

**



Baca juga:

DARI GLOBALISASI KE ERA DIGITAL



Lebih baru Lebih lama