Hujan Deras Disertai Angin, Robohkan Rumah Lansia di Dukuhseti Pati



𝐏𝐚𝐭𝐢, 𝐌𝐞𝐝𝐢𝐚  𝐑𝐞𝐚𝐥𝐢𝐭𝐚 𝐍𝐞𝐰𝐬 - Hujan deras disertai angin kencang merobohkan sebuah rumah milik lansia di Pati, Jumat (9/6/2023). Lansia tersebut bernama Yatman (83), Warga RT 3/2 Desa Dukuhseti Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati Jawa Tengah.

Kepala Desa Dukuhseti Ahmad Rifai menerangkan bahwa rumah milik pasangan lansia, Sutini dan Yatman yang kondisinya sudah lapuk  itu roboh sekitar pukul 01.00 WIB dini hari saat hujan kencang.

"Kondisi rumahnya sudah lapuk, dan ketika terjadi hujan disertai angin langsung roboh," terang Rifa'i.

Rifai mengatakan, jika rumah milik Yatman ini sebenarnya dulu pernah diajukan program BSPS, namun yang bersangkutan tidak berkenan, lantaran tidak memiliki uang untuk swadaya. Syukurnya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

"Mereka ini tidak berpenghasilan, dan umurnya juga sudah lanjut usia. tapi untung tidak ada korban dalam kejadian itu, namun untuk kerugian mereka mencapai Rp 20 juta," ujarnya.

Saat ini, Warga bersama Pemerintah Desa dibantu Babinsa, Babinkamtibmas, dan SAR Tunggul Wulung, sudah berupaya melakukan kerja bakti untuk membersihkan puing-puing rumah milik kedua lansia itu.

"Hari ini kami telah melakukan kerja bakti untuk membereskan serpihan kayu dan barang yang masih berserakan, atap,  genting kita turunkan, dan kejadian ini juga sudah kami laporkan kepada pihak-pihak terkait," lanjut Rifai.

Rifai menginformasikan untuk sementara pasangan Yatman dan Sutini tinggal di rumah keponakannya yang ada di sebelah rumahnya yang roboh. Kades juga berharap agar mereka segera mendapat perhatian dari berbagai pihak, sehingga perbaikan bisa dilakukan, untuk ditempati kembali.

"Kami berharap mereka bisa segera mendapat perhatian, agar rumah Pak Yatman dan Bu Sutini ini bisa segera direnovasi agar kembali baik dan bisa ditempati kembali," pungkasnya. ***

Lebih baru Lebih lama