Warga Batam kian Mudah Dapat Jaminan Kesehatan, Jafridin : Daftar Langsung Aktif!


Batam- 𝐦𝐞𝐝𝐢𝐚𝐫𝐞𝐚𝐥𝐢𝐭𝐚𝐧𝐞𝐰𝐬.𝐜𝐨𝐦 | Kota Batam sudah mencapai status Cakupan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC) Non Cut-Off dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Jadi tidak ada lagi masa tunggu keaktifan peserta.


Kabar baik ini disampaikan Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin, usai memimpin rapat Forum Komunikasi Pemangku Kepentingan Utama Kota Batam di ruang rapat Sekda Lantai II, Kantor Wali Kota Batam, Engkuputri, Batamcentre, Senin (12/6/2023). 


"Keistimewaan UHC Non Cut-Off ini, kartu peserta langsung aktif pada saat didaftarkan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Kesehatan Kota Batam. Bahkan bisa langsung dijaminkan jika mengakses pelayanan kesehatan," terangnya.


Hebatnya lagi, Pemko Batam juga dapat mengakomodir kebutuhan jaminan kesehatan bagi peserta yang membutuhkan pelayanan mendesak pada saat itu, tetapi tidak memiliki kartu.


Dijelaskannya, Pemko Batam telah meraih predikat UHC sejak 1 Maret 2023, disusul kemudian mendapat status UHC Non Cut-off pada 15 Mei 2023.


Hal tersebut dicapai melalui penandatanganan Rencana Kerja (RK) tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional bagi Penduduk Kota Batam, dalam Rangka Universal Health Coverage, antara BPJS Kesehatan dan Dinas Kesehatan Kota Batam sebagai perwakilan Pemerintah Daerah.


Predikat UHC ini diberikan karena lebih dari 95% penduduk Kota Batam telah terjamin oleh Program JKN.


Data dari BPJS penduduk Kota Batam yang terdaftar sebagai Peserta JKN hingga 1 Mei 2023 mencapai 1.181.866 jiwa atau sekitar 96.07% dari total penduduk Kota Batam pada semester II tahun 2022 yang berjumlah 1.230.216 jiwa. 


Dari jumlah tersebut, sekitar 64.369 jiwa merupakan PBPU BP Pemda yang iurannya dibayarkan oleh Pemerintah Kota Batam. PBPU adalah penduduk yang merupakan pekerja bukan penerima upah atau peserta mandiri. Sementara BP adalah penduduk yang bukan pekerja.


"Inilah bukti komitmen Pemko Batam, di bawah kepemimpinan Wali Kota, Bapak H Muhammad Rudi (HMR), dalam memberikan jaminan dan perlindungan kesehatan kepada masyarakat," ujarnya. (Nursalim Turatea)

______

MUDAHKAN URUSAN MASYARAKAT: Sekda Jefridin, berbincang dengan Wali Kota Batam H Muhammad Rudi (HMR), usai apel pagi belum lama ini. Komitmen mereka untuk membantu masyarakat terbukti.

Lebih baru Lebih lama