Patroli Bekas Lahan Terbakar, Polsek Getasan masih Temukan Sumber Api di Hutan Merbabu


𝐒𝐞𝐦𝐚𝐫𝐚𝐧𝐠, 𝐦𝐞𝐝𝐢𝐚𝐫𝐞𝐚𝐥𝐢𝐭𝐚𝐧𝐞𝐰𝐬.𝐜𝐨𝐦 - Meskipun operasi pemadaman dan evakuasi telah dihentikan dan relawan Gabungan sudah dibubarkan, namun Polsek Getasan bersama Koramil Getasan, Relawan setempat dan petugas Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGM) tetap melaksanakan patroli di bekas lahan terbakar wilayah Ds. Tajuk Kec. Getasan Jumat 3 November 2023. 


Dalam kegiatan patroli ini, tim gabungan menemukan sumber api (Bara api) yang masih muncul dari akar pohon pinus maupun akar semak semak liar. 


Wakapolres Semarang Kompol Fandy Setiawan SH, SIK, MH., mengkonfirmasi kegiatan Polsek Getasan yang melaksanakan patroli bekas lahan terbakar. 


"Hari ini mendapat laporan dari Polsek Getasan melalui pak Kapolsek, bahwa di Ds. Tajuk Kec. Getasan dimana bekas lahan hutan Gunung merbabu yang terbakar tempo hari, masih ditemukan bara api dari akar pohon pinus maupun akar semak semak. Tim gabungan TNI/Polri, Relawan setempat dan pihak TNGM  langsung melakukan pemadaman dengan alat seadanya." Ungkap Wakapolres. 


Di lokasi kejadian, Kapolsek Getasan Iptu Ari Parwanto SH, MH., menuturkan bahwa pihaknya bersama Koramil Getasan, Relawan Kec. Getasan dan Pihak TNGM melakukan patroli bergerak dari balaidesa Tajuk. 


"Meskipun kegiatan operasi pemadaman dan evakuasi warga telah dihentikan, namun Polsek Getasan bersama Koramil, relawan dan petugas TNGM tetap melakukan patroli dan sterilisasi. Dan hari ini kami masih menemukan beberapa sumber api yang berasal dari akar pohon pinus maupun akar semak semak pohon liar. Kami lakukan pemadaman mengingat angin di sekitar lokasi masih cukup kencang, sehingga dimungkinkan dapat menimbulkan titik api baru dan bisa menjadi kebakaran kembali." Jelasnya. 


Iptu Ri menambahkan selain di Ds. Tajuk, pihaknya juga berkoordinasi dengan relawan dari BRC (Batur Reaksi Cepat) dimana akan terus melaporkan perkembangan situasi di Ds. Batur. 


"Kami juga akan terus berkoordinasi dengan relawan di Ds. Batur Kec. Getasan perihat situasi terkini di Da. Batur, dimana bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa Ds. Batur juga melakukan patroli sterilisasi wilayah bekas kebakaran hutan tempo hari lalu." Pungkas nya ***


Iswidatik

Lebih baru Lebih lama