Desa Somakaton Gelar Tasyakuran 1 Dasawarsa UU Desa dengan Lakon Wayang "Sengkuni Wirang"

 

𝐁𝐚𝐧𝐲𝐮𝐦𝐚𝐬,𝐦𝐞𝐝𝐢𝐚𝐫𝐞𝐚𝐥𝐢𝐭𝐚𝐧𝐞𝐰𝐬.𝐜𝐨𝐦 - 13 Juni 2024 - Desa Somakaton, Kecamatan Somagede, Kabupaten Banyumas menggelar tasyakuran untuk memperingati 1 dasawarsa (10 tahun) berlakunya Undang-Undang Desa. Acara yang bertajuk "Sida Kaul" ini menampilkan pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki Eko Suwaryo yang membawakan lakon "Sengkuni Wirang".


Kepala Desa Somakaton, Bapak Nadas, mengatakan bahwa peringatan ini merupakan wujud syukur atas pemberlakuan UU Desa yang telah membawa perubahan positif bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa.

"Kami merasa bersyukur atas berlakunya UU Desa yang telah memberikan kewenangan lebih besar bagi desa untuk mengurus rumah tangganya sendiri. Hal ini telah mendorong kemajuan dan kesejahteraan warga Desa Somakaton dalam 10 tahun terakhir," ujar Bapak Nadas.


Acara tasyakuran diisi dengan berbagai kegiatan, salah satunya adalah pagelaran wayang kulit dengan lakon "Sengkuni Wirang" yang dibawakan oleh Ki Eko Suwaryo. Lakon ini dipilih untuk menggambarkan perjuangan melawan kesewenang-wenangan dan mempertahankan keadilan.


Warga Desa Somakaton antusias mengikuti acara ini sebagai bentuk apresiasi terhadap kemajuan desa dan menunjukkan solidaritas sosial. Mereka berharap kedepannya, pembangunan dan kesejahteraan desa dapat terus ditingkatkan melalui implementasi UU Desa yang optimal.red mugi ir

Lebih baru Lebih lama