Danrem 071 Wijayakusuma Ikuti Peluncuran 2.664 titik sumber air Program TNI-AD Manunggal Air Melalui Vicon Bersama Kasad di Cilongok

 

𝐁𝐚𝐧𝐲𝐮𝐦𝐚𝐬, 𝐦𝐞𝐝𝐢𝐚𝐫𝐞𝐚𝐥𝐢𝐭𝐚𝐧𝐞𝐰𝐬 𝐜𝐨𝐦  — Komandan Resort Militer (Danrem) 071 Wijayakusuma, Kolonel Inf Jamaluddin, S.I.P, turut serta dalam Launching 2.664 titik sumber air bersih serentak oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc secara terpusat dari Kupang NTT melalui video conference (vicon) di Gerumbul Glempang, Desa Sambirata, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Selasa (30/7/2024).


Kegiatan vicon ini merupakan bagian dari upaya integrasi dan sinergi antara TNI-AD dengan berbagai instansi terkait dalam rangka program manunggal air yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan keberlanjutan sumber daya air di wilayah Indonesia. Program ini diharapkan dapat memperkuat ketahanan pangan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam vicon ini, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., menekankan pentingnya kolaborasi antara TNI AD dengan pemerintah daerah dan masyarakat dalam pelaksanaan program.


"Program manunggal air ini merupakan inisiasi strategis untuk meningkatkan akses ketersediaan air bersih bagi masyarakat. Dengan fokus pada pembangunan sumber air termasuk diantaranya sumur, mata air dan instalasi pengolahan air. Dimana program ini diharapkan mampu secara signifikan meningkatkan kapasitas akan ketersediaan air bersih diwilayah sebagai sumber kehidupan masyarakat", ungkapnya.


KASAD juga mengapresiasi dedikasi dan komitmen seluruh jajaran TNI-AD yang telah bekerja keras dalam melaksanakan berbagai proyek pengelolaan air di seluruh Indonesia.


Sementara itu, Kolonel Inf Jamaluddin, S.I.P, selaku Danrem 071 Wijayakusuma menyampaikan bahwa pihaknya siap mendukung penuh program Manunggal Air. Ia juga mengungkapkan rencana konkret yang akan dilaksanakan di wilayah tanggung jawab Korem 071 Wijayakusuma, termasuk pelaksanaan proyek peningkatan sistem irigasi, dan pemeliharaan sarana air yang sudah ada.


"Program TNI-AD Manunggal Air ini merupakan salah satu langkah strategis dalam menjaga keberlanjutan sumber daya air yang sangat vital bagi kehidupan masyarakat. Kami berkomitmen untuk melaksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya demi tercapainya tujuan yang diharapkan," ujar Kolonel Jamaluddin. 


Acara vicon yang dilaksanakan di  Gerumbul Glempang, Desa Sambirata, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas tersebut juga diikuti oleh Dandim 0701/Banyumas Letkol Arm Ida Bagus Adi Purnama S.T., M.Han, Wakapolresta Banyumas AKBP Hendri Yulianto, S.I.K., M.H, Kasiter Korem 071/Wiajaykusma Letkol Inf Darul Qutni, Kadistan Banyumas Ir. Jaka Budi Santosa, MM, unsur Forompimcam Cilongok dan segenap Warga Ds. Sambirata, Kec. Cilongok. 


Dengan berakhirnya vicon tersebut, diharapkan sinergi yang terjalin antara TNI-AD, pemerintah daerah, dan masyarakat dapat lebih erat dan produktif, sehingga program TNI-AD Manunggal Air dapat berjalan dengan sukses dan memberikan manfaat yang besar bagi seluruh rakyat Indonesia.

Lebih baru Lebih lama