Pembangunan PLTP Ataidei Lembata, Masyarakat : Dukung Program Pemerintah Untuk Tingkatkan Kesejahtraan

 

𝐍𝐓𝐓, 𝐦𝐞𝐝𝐢𝐚𝐫𝐞𝐚𝐥𝐢𝐭𝐚𝐧𝐞𝐰𝐬 𝐜𝐨𝐦 - Kementerian ESDM melalui PT PLN (Persero) menggagas pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Atadei berkapasitas 10 Megawatt (MW) di Kec. Atadei Kab. Lembata yang rencananya akan membawa dampak positif untuk mengatasi isu strategis pemanasan global, kebutuhan infrastruktur penting dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui pemanfaatan potensi sumber panas bumi (Geothermal) di bentangan pulau Flores yang dapat dioptimalkan sebagai pembangkit listrik energi terbarukan.


Menyingkapi rencana strategis tersebut, Pemerintah Kab. Lembata bersama masyarakat adat Atadei menegaskan komitmen untuk mendukung pembangunan PLTP Atadei. 

Salah satunya datang dari Asisten 3 Pemerintah Kabupaten Lembata Yohanes B. Daniel manyatakan bahwa pemerintah daerah dan masyarakat telah lama menantikan realisasi PLTP Atadei karena menyadari dampak positifnya terhadap kemajuan di daerah tersebut.


"Pada umumnya masyarakat merespon  positif rencana pembangunan proyek tersebut karena dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kab. Lembata khususnya di Kec. Atadei seperti peningkatan lapangan kerja serta dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah Kab. Lembata. Pemerintah Kab. Lembata hanya bersifat mendampingi atau sebagai fasilitator dan mediator, dalam waktu dekat akan dilakukan sosialisasi melalui seminar yang akan dihadiri oleh semua pemangku kepentingan, tujuannya untuk mengkaji dampak yang dihasilkan baik ekonomi dan sosial budaya yang pada intinya untuk mensejahterakan masyarakat." Terangnya.


Di tempat terpisah, Kepala Kantor ATR/BPN Kab. Lembata an. Ni Wayan Juliati, S.ST mengungkapkan lahan pembangunan PLTP Atadei sudah bersertifikat dan telah dilakukan pengukuran oleh BPN Kab. Lembata.


"Lokasi pembangunan PLTP Atadei berada di luar kawasan Hutan, secara umum lokasi di sekitar kawasan pengembangan sudah bersertifikat karena sudah dilakukan Pengukuran oleh pihak BPN Kab. Lembata melalui Program PTSL sejak tahun 2003", jelasnya.


Sementara itu, Tokoh Adat dan Pemangku Ulayat Suku Puhun AGUSTINUS BALA PUHUN menyambut baik pembangunan PLTP Atadei dan berharap segera terealisasikan untuk kemajuan ekonomi masyarakat Lembata


"Harapan kami agar pembangunan PLTP Atadei segera teralisasikan, karena faktanya  selama ini hanya dilakukan survei secara berulang namun tidak pernah dilakukan Pembangunan. Mewakili masyarakat Desa Atakore berharap Pembangunan PLTP Atadei akan mendorong kemajuan perekonomian masyarakat dan menjadi warisan kepada generasi penerus yang akan datang."harapnya.


Sejalan dengan harapan tersebut, Kepala Suku Wawin Tomas Lagadoni yang juga selaku pemegang rumah besar Desa Atakore mengajak kepada seluruh masyarakat Kab. Lembata menjaga stabilitas kamtibmas dan tidak terprovokasi isu-isu yang bertujuan mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat Kab. Lembata.


"MARI KITA DUKUNG PROGRAM PEMERINTAH GUNA PERCEPATAN PERTUMBUHAN EKONOMI SEHINGGA TERCIPTANYA KESEJAHTERAAN MASYARAKAT YANG ADIL DAN MAKMUR"Tegasnya.


Khnza

Lebih baru Lebih lama