Tersengat Arus Listrik Bertegangan Tinggi, Pria Asal Miri Alami Luka Serius, Ini Himbauan Kapolsek; Perhatikan Peringatannya…!


𝐒𝐫𝐚𝐠𝐞𝐧, 𝐦𝐞𝐝𝐢𝐚𝐫𝐞𝐚𝐥𝐢𝐭𝐚𝐧𝐞𝐰𝐬 𝐜𝐨𝐦 - Jateng – Polsek Miri Polres Sragen mendatangi lokasi kejadian seorang pria mengalami luka bakar serius, setelah tersengat arus listrik PLN jaringan bertegangan tinggi, yang melintang di jalur Mudro- Sumberlawang Sragen.


Peristiwa terjadi pada Rabu, 24 Juli 2024 pukul 10.00 WIB, di depan kios beralamat di Dukuh Mudro desa Soko Kecamatan Miri Sragen.


Kapolres Sragen AKBP Petrus Parningotan Silalahi dalam penjelasannya melalui Kapolsek Miri Iptu Suprayitno mengatakan, peristiwa bermula saat korban bernama Surono,28, warga Dukuh Pungkruk Desa Doyong Miri Sragen, sedang bekerja dengan membongkar dan menurunkan seng galfalum yang berada di halaman kios.


Setelah beberapa seng berhasil diturunkan, ujung seng galfalum yang terakhir diturunkan korban, tak sengaja menyangkut kabel PLN bertegangan tinggi.


Saat kejadian terdengar suara letusan dan seng dalam kondisi terbakar. Korban yang saat itu berada diatas bangunan, langsung tak sadarkan diri dan terjatuh dari ketinggian 4 meter.


Kejadian itu sontak menarik perhatian warga. Mereka lantas membawa korban ke RSUD Soeratno Gemolong Sragen. Namun karena kondisi luka cukup serius korban Surono harus dirujuk ke RSUD dr. Moewardi Surakarta.


“ Kejadian ini sudah dilaporkan masyarakat ke Polsek Miri. Kita juga sudah mengecek kondisi korban di rumah sakit. Kondisi luka korban cukup serius, mengalami luka bakar 54 persen. Namun dalam keadan sadar dan baik, “ terang Iptu Suprayitno, Kamis, (25/7/2024).


Terkait adanya korban akibat tewrsengat arus listrik jaringan tinggi tersebut, Kapolsek mengimbau agar masyarakat berhati-hati bilamana bekerja di lokasi jaringan listrik bertegangan tinggi. 


Lanjutnya, mendekati jaringan listrik bertegangan tinggi bisa menyebabkan kejutan listrik yang mematikan tanpa harus menyentuh langsung kabel, minimal kedekatan kita 3 meter.


Perhatikan juga tanda peringatan, akan adanya area dengan jaringan listrik bertegangan tinggi, yang biasanya diberi tanda peringatan. 


“Selalu patuhi tanda-tanda ini, “ tambahnya.


“Dengan mengikuti imbauan ini, kita dapat mengurangi risiko kecelakaan dan cedera yang terkait dengan jaringan listrik bertegangan tinggi, “ tutupnya.


Khnza

Lebih baru Lebih lama