Desa Bangunreja Gelar Suran untuk Memperingati Memetri Bumi


𝐂𝐢𝐥𝐚𝐜𝐚𝐩, 𝐦𝐞𝐝𝐢𝐚𝐫𝐞𝐚𝐥𝐢𝐭𝐚𝐧𝐞𝐰𝐬.𝐜𝐨𝐦 - Rabu, 31 Juli 2024 Desa Bangunreja, Kecamatan Kedungreja menggelar acara Suran untuk memperingati Memetri Bumi pada Rabu, 31 Juli 2024. Acara ini merupakan bentuk kearifan lokal masyarakat setempat.


Kepala Desa Bangunreja, Sugiyono mengatakan, "Suran adalah salah satu tradisi yang kami jaga sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya. Ini juga menjadi momentum untuk memelihara dan melestarikan bumi tempat kita tinggal."


Dalam acara Suran tersebut, masyarakat Desa Bangunreja menggelar pertunjukan wayang dengan dalang Ki Gilang Ari Pradana dengan Lakon Semar Mbangun Desa. Sugiyono menjelaskan, "Pertunjukan wayang ini menjadi bagian penting dari acara Suran kami. Wayang merupakan warisan budaya yang sarat makna dan filosofi, sehingga dapat menginspirasi warga untuk terus menjaga kelestarian alam."


Antusiasme warga Desa Bangunreja terlihat tinggi dalam mengikuti rangkaian acara Suran. Mereka berharap tradisi ini dapat terus dilestarikan dari generasi ke generasi sebagai bentuk apresiasi terhadap Ibu Pertiwi. ( 𝐍𝐮𝐬𝐫𝐨𝐧 𝐨𝐥𝐞𝐧𝐠 ) ***

Lebih baru Lebih lama