𝐖𝐚𝐫𝐭𝐚𝐰𝐚𝐧 𝐁𝐨𝐥𝐞𝐡 𝐌𝐞𝐧𝐠𝐤𝐫𝐢𝐭𝐢𝐤 𝐀𝐬𝐚𝐥 𝐒𝐞𝐬𝐮𝐚𝐢 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐊𝐨𝐝𝐞 𝐄𝐭𝐢𝐤 𝐉𝐮𝐫𝐧𝐚𝐥𝐢𝐬𝐭𝐢𝐤


𝐏𝐮𝐫𝐰𝐨𝐤𝐞𝐫𝐭𝐨, 𝐦𝐞𝐝𝐢𝐚𝐫𝐞𝐚𝐥𝐢𝐭𝐚𝐧𝐞𝐰𝐬 𝐜𝐨𝐦 -- Sebagai seorang Wartawan harus menjunjung tinggi kode etik Jurnalistik karena hal itu penting untuk menjaga nama baik profesi dan tanggung jawab dalam menjalankan tugas, karena kode etik Jurnalistik sangat berfungsi sebagai pedoman bagi wartawan dalam menjalankan tugasnya. Oleh karenanya kode etik Jurnalistik juga mengatur hubungan antara wartawan dan masyarakat.


Hal tersebut di ungkapkan Ardhi Solehudin Pemimpin Redaksi mediarealitanews com. Diakui, tantangan media massa ke depan akan semakin kompleks,baik dalam bidang industri komersial maupun pemberitaan, pada saat temu kangen ngopi bareng dengan beberapa wartawan di Bebek Goreng Spesial Ayam Kosek "Cak Kholiq"  Jln KH. Wahid Hasyim No. 21 Purwokerto Selatan Banyumas, Senin (2/9/2024).


Pria yang akrab di sapa Bopo Ardhi ini mengatakan insan media harus menjunjung tinggi nilai-nilai luhur jurnalis. Di antaranya integritas. Itu perlu dilakukan karena pers nasional memiliki tanggung jawab kepada publik. 


"Nilai-nilai jurnalis harus dikembalikan kepada wartawan yang memiliki kompetensi dan mengikatkan diri pada nilai-nilai dan etik profesi. Dalam menjalankan profesi, wartawan Indonesia harus bekerja berdasarkan moral dan etika profesi, tidak lain adalah harus taati kode etik Jurnalistik," kata Ardhi.


Bahwa dengan Definisi Kode Etik Jurnalistik tersebut secara umum digunakan sebagai pedoman operasional suatu profesi, sehingga dibuat kode etik sebagai pedoman operasional. Selain itu, dengan adanya kode etik jurnalistik juga sebagai wujud hak asasi manusia yang tertuang dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 1999, jelasnya (Red) *"*

Lebih baru Lebih lama