Kapolres Sragen Pimpin Langsung Pengamanan Rapat Pleno Pengundian Nomor Urut Pilkada 2024, Siapkan Strategi dan Ratusan Personel

 

𝐒𝐑𝐀𝐆𝐄𝐍, 𝐦𝐞𝐝𝐢𝐚𝐫𝐞𝐚𝐥𝐢𝐭𝐚𝐧𝐞𝐰𝐬 𝐜𝐨𝐦 - Jateng - Kapolres Sragen, AKBP Petrus Parningotan Silalahi, memimpin langsung pengamanan agenda rapat pleno pengundian nomor urut Pilkada 2024 bagi pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sragen.


Pengundian nomor urut yang berlangsung di Gedung Kartini Kabupaten Sragen, pada Senin, (23/9/2024) tersebut mendapatkan pengamanan ketat dari 150 personel Polres Sragen, ditambah dengan kekuatan personel TNI, dan Satpol PP, lantaran momentum tersebut  rencana akan diikuti hingga ribuan massa pendukung dari masing-masing paslon.


Dalam penjelasannya, Kapolres memastikan bahwa pengamanan ini menjadi bagian dari Operasi Mantap Praja Candi 2024, yang menekankan pada tindakan preemtif, preventif, serta penegakan hukum untuk menjamin kelancaran acara. 


Selain itu, beberapa langkah strategis seperti pengamanan jalur, pengaturan parkir, penggunaan pembatas truk dinas, serta penyebaran woro-woro himbauan kepada massa telah disiapkan Kapolres untuk mengantisipasi potensi kericuhan antar pendukung pasangan calon.


“ Langkah ini diambil untuk memastikan acara berjalan dengan aman dan tertib, sesuai dengan Operasi Mantap Praja Candi 2024. Personel yang dikerahkan berasal dari Polri, TNI, dan Satpol PP, yang ditempatkan di beberapa titik strategis, seperti pengamanan jalur kedatangan para pendukung pasangan calon serta sekembalinya, serta lokasi rapat pleno di gedung Kartini Kabupaten Sragen, “ ungkap AKBP Petrus.


Diuraikan AKBP Petrus bahwa rencana keberangkatan pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Sragen dalam rangka mengikuti rapat pleno pengundian nomor urut Pilkada 2024, dilaksanakan pada Senin, 23 September 2024, di Gedung Kartini, Sragen, dari pukul 15.00 hingga 17.00 WIB.


Rencana keberangkatan pasangan calon Sigit Pamungkas dan Suroto, akan berangkat dari rumah Kemenangan Rakyat Sigit-Suroto di Jl. Sukowati No. 181, Sragen Kulon, diikuti  tim pemenangan, pengurus partai koalisi (Golkar, PKB, PKS, PAN, dan 10 partai non-parlemen), serta sekitar 800 kader dan simpatisan, menuju Gedung Kartini menggunakan kendaraan pribadi dan sepeda motor.


Sedangkan pasangan calon Untung Wibowo Sukowati dan Suwardi, dengan dua titik keberangkatan Kantor DPC PDIP dan Kantor DPC Gerindra Sragen, akan diikuti oleh tim pemenangan, pengurus partai koalisi (PDIP, Gerindra, Nasdem, Demokrat), serta sekitar 1.100 orang kader dan simpatisan, berjalan kaki menuju Gedung Kartini.


“ dengan rencana masing-masing pasangan calon menuju lokasi rapat pleno, kami mengidentifikasi beberapa potensi kerawanan, seperti pengerahan massa berlebihan yang bisa memicu gesekan antar pendukung, kemacetan lalu lintas, “ tandas Kapolres.


Untuk mengantisipasi hal tersebut, Kapolres telah menyiapkan langkah pengamanan melalui koordinasi dengan tim pemenangan, partai politik, dan pihak terkait, termasuk pengamanan terbuka dan tertutup di sepanjang jalur dan lokasi acara.


Hingga acara rapat pleno pengundian nomor urut Pilkada 2024 bagi pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sragen dilangsungkan di gedung Kartini sore ini, situasi masih berjalan kondusif, tidak ada tanda-tanda adanya gesekan antar massa pendukung paslon.


Khnza

Lebih baru Lebih lama