Pemdes Wringinharjo Laksanakan Musdes Perencanaan Pembangunan Tahunan

 

𝐂𝐢𝐥𝐚𝐜𝐚𝐩, 𝐦𝐞𝐝𝐢𝐚𝐫𝐞𝐚𝐥𝐢𝐭𝐚𝐧𝐞𝐰𝐬 𝐜𝐨𝐦 -  4 September 2024 Wringinharjo,Musyawarah Desa (Musdes) Perencanaan Pembangunan Tahunan adalah kegiatan yang dilakukan untuk menyusun Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) tahunan.


Musyawarah Desa

(Musdes) Perencanaan Pembangunan Tahunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Wringinharjo Kecamatan Gandrungmangu Tahun 2024 dalam rangka Penyusunan RKPDes Tahun 2025 adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Badan Permusyawaratan Desa pada setiap pertengahan tahun anggaran. Kegiatan ini merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) selama satu tahun.


Musyawarah Desa Rencana Kerja Pembangunan Tahunan dilaksanakan oleh BPD, pada hari Rabu 4 September 2024, bertempat di Pendopo Balai Desa setempat.



Dalam penyampaiannya, Kepala Desa membuka acara dengan ucapan syukur Alhamdulillah Acara Musyawarah Desa bisa dilaksanakan, terima kasih dan selamat datang kepada Forkopincam Gandrungmangu bisa memantau langsung jalannya Musdes, terimakasih juga kepada semua undangan yang sudah meluangkan waktu hadir untuk kepentingan Desa Wringinharjo.


Musdes diharapkan dapat menjadi sarana bagi masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan usulannya kepada Pemerintah Desa, sehingga kegiatan pembangunan desa dapat sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” kata Hasanan.



Dalam hal ini, Kepala Desa bertugas menyelenggarakan Pemerintah Desa, melaksanakan pembangunan Desa, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat Desa.


Camat Gandrungmangu dalam pandangannya menjelaskan, bahwa usulan yang disampaikan masyarakat melalui RT dan ditindaklanjuti melalui Musdus dan Musrenbangdes diharapkan dapat direalisasikan pada tahun 2025 mendatang tentunya dengan sekala prioritas.


Adapun hasil dari musyawarah tersebut nantinya juga akan ditindaklanjuti dalam rapat penyusunan RKP melibatkan tim penyusun BPD dan Pemerintah Desa.



Harapannya, semua bisa manfaat dan bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat,” ujar Fathan Ady Candra.


Masuk Acara inti yaitu Musyawarah Desa yang dipimpin oleh Imam Ma’ruf selaku Sekdes, pihaknya memaparkan hasil review capaian kinerja pembangunan 2024, di titik-titik yang sudah direalisasikan dan capaian kinerja Pemdes lainnya yang belum terealisasi.


Sekdes juga menjelaskan bahwa, salah satu aspek penting yang dibahas dalam Musdes adalah program prioritas pembangunan desa, memprioritaskan program-program yang dianggap penting dan mendesak untuk dilaksanakan dalam RKPDes tahun 2025 sebagai penjabaran dari RPJMDes atas perubahan masa perpanjangan Kepala Desa dari 6 tahun menjadi 8 tahun.




Kemudian dilanjutkan pembentukan tim penyusun perubahan RPJMDES oleh Kepala Desa, Pembentukan tim penyusun RKPDES dan tim Verifikasi kegiatan, Menyusun RKTL penyusunan perubahan RPJMDES dan RKTL penyusunan RKPDES.


Adapun tim penyusun RPJMDES adalah sebagai berikut :

Pembina : Kepala Desa

Ketua : Imam Ma’ruf

Sekretaris : Ami Meilani

Dan dibantu beberapa anggota yang terdiri dari unsur Staff Desa, Lembaga Desa dan Unsur Masyarakat.




Tampak Hadir, Camat Gandrungmangu Fathan Ady Chandra, S.STP, MM, Danramil 10/Gandrungmangu Kapten lnf Tasino, Kapolsek Gandrungmangu AKP Yusuf, Mohammad Rodlin,S.Ag, M.M. Kasi PM, Hasanan Kepala Desa Wringinharjo beserta staf, Dwi Sigit Purnomo beserta anggota,Ketua LPMD beserta Anggota, Babinkamtibmas, Babinsa, Pendamping Desa, TP PKK, Kader Posyandu, Karang Taruna dan unsur Tokoh Masyarakat yang terdiri dari Ketua RT dan RW serta Danton Linmas. Mugi ir

Lebih baru Lebih lama