Taman Baca Masyarakat Kancil Hadir Untuk Tingkatkan Minat Baca Anak dan Kurangi Kecanduan Gadget*

 

𝐉𝐚𝐤𝐚𝐫𝐭𝐚, 𝐦𝐞𝐝𝐢𝐚𝐫𝐞𝐚𝐥𝐢𝐭𝐚𝐧𝐞𝐰𝐬 𝐜𝐨𝐦 - Lingkungan RW.09 Ragunan semenjak Februari 2020 memiliki taman baca yang diberi nama Taman Baca Masyarakat Kancil ( TBM Kancil ) yang tepatnya berada di lingkungan RT.003/09 Ragunan, Pasar Minggu - Jakarta Selatan. 


Dilokasi tersebut disediakan berbagai macam buku bacaan untuk anak - anak seperti buku cerita dongeng, novel, komik, buku pelajaran, dan buku lainnya yang mendidik untuk anak - anak.


Penggagas atau pendiri TBM Kancil, H. Musa Ibrahim mengatakan, salah satu tujuan dirinya bersama istrinya mendirikan taman baca tersebut untuk wadah kegiatan Karang Taruna RT.003/09 Ragunan. Hal ini dikatakan sewaktu dirinya menjabat sebagai Ketua RT di lingkungan tersebut.

Selain itu, tujuan utamanya adalah untuk menumbuhkan dan meningkatkatkan minat baca anak dan mengurangi anak dari kecanduan gadget pada anak - anak di lingkungan sekitar.


"Keberadaan TBM Kancil kami dirikan seramah mungkin untuk anak - anak membaca dan bermain bilamana jenuh setelah membaca. Selain itu kami juga berikan edukasi akhlaq yang positif terhadap anak - anak agar selalu patuh dan hormat kepada orang tua dirumah serta gurunya disekolah," kata H. Musa Ibrahim dalam keterangannya kepada Kicau News, Kamis ( 12/09/2024 )


Dalam kesempatan yang sama, H. Musa Ibrahim juga menyampaikan, TBM Kancil ini didirikan dengan sasaran anak - anak tingkat SMP, SD, dan TK serta anak - anak usia pra sekolah.


"Syukur alhamdulillah taman baca ini mendapat respons positif dari warga sekitar dan sampai saat ini masih diminati anak - anak baik pada buku - buku cerita anak dan permainan edukatif yang tidak dimiliki anak dirumahnya. Sehingga keberadaan TBM Kancil ini tidak hanya sebagai sarana belajar tetapi juga sarana bermain anak - anak," ungkapnya 


Lebih lanjut, H. Musa Ibrahim juga menyampaikan harapannya, kedepannya diharapkan TBM Kancil ini juga bisa di manfaatkan oleh warga RW.09 Ragunan untuk menjadi tempat berkumpulnya warga untuk bertukar informasi yang positif, serta semakin bisa meningkatkan minat membaca anak - anak sesuai pepatah mengatakan yakni ' Kunci Kesuksesan Diawali Dengan Membaca '.


"Semoga hadirnya TBM Kancil ini bisa bermanfaat untuk semua warga RW.09 Ragunan khususnya untuk anak - anak lingkungan sekitar," harapnya


Informasi yang Kicau News himpun, TBM Kancil tersebut juga telah beberapa kali hadir memenuhi undangan di berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Sudin dan Kementerian Pendidikan, Perpustakaan Nasional, dan lembaga pemerintahan lainnya yang terkait.


Khnza

Lebih baru Lebih lama